Asia Oseania » Asia Tenggara » Indonesia » Meditasi » Tokoh

Thich Nhat Hanh di Borobudur

Senin, 11 Oktober 2010

Candi Borobudur - Jawa TengahBhagavant.com,
Magelang, Indonesia – Sekitar 500 orang umat Buddhis, para bhiksu dan bhikkhu dari 15 negara berkumpul di pelataran Candi Borobudur untuk mengikuti rangkaian kegiatan meditasi yang dipimpin oleh Master Zen Thich Nhat Hanh, pada Kamis 7 Oktober, Magelang, Jawa Tengah.

Y.M. Thich Nhat Hanh (84) yang sering disebut dengan Thay (guru) ini, bersama-sama dengan para peserta, dengan lambat namun pasti melakukan pradaksina mengelilingi Candi Borobudur sambil mendaki menuju stupa tertinggi.

“Melalui bernapas kita mengetahui mengenai hidup. Ketika bernapas kita merasa hidup. Itulah kenikmatan hidup,” demikian kata Thay Nhat Hanh kepada para peserta selama kegiatan yang dilakukan di Taman Lumbini, pelataran Candi Borobudur.

Thay Nhat Hanh mengajarkan bahwa meditasi dapat dilakukan kapan pun dalam kehidupan sehari-hari kita, baik saat duduk, berjalan, bekerja, tidur dan makan sampai minum dengan berkonsentrasi dan menjadi waspada terhadap sekitar kita untuk mencapai kedamaian.

Kedatangan Thay Nhat Hanh ke Indonesia adalah dalam rangka kunjungannya ke Asia Tenggara 2010, dimana Thay sebelumnya telah mengunjungi Malaysia terlebih dulu untuk memimpin retret meditasi dan juga menghadiri Konferensi Buddhis Sedunia di Malaysia 25-26 September yang lalu.

Thay Nhat Hanh mengakhiri kunjungannya pada 11/10 untuk kemudian melanjutkan perjalanannya mengunjungi Thailand pada 15-29 Oktober 2010.

Lahir pada 11 Oktober 1926 di Vietnam tengah, beliau menjadi seorang bhiksu Zen pada usia 16 tahun dan diupasampada (ditahbiskan) pada 1949. Master Nhat Hanh mendirikan gerakan “Engaged Buddhism” dimana beliau mempraktikkan meditasi dan mendedikasikan hidupnya untuk membantu orang lain.[Sum]

Kata kunci: , ,
Penulis: