Asia Oseania » Asia Selatan » India » Kesenian » Pendidikan » Sains » Seni dan Budaya

Dalai Lama Bertemu Richard Gere dan Alice.W

Jumat, 27 Agustus 2010

Yang Mulia Dalai Lama XIVPhayul,
Dharamsala, India – Yang Mulia Dalai Lama akan kembali ke Universitas Emory yang bergengsi pada bukan Oktober ini dalam kapasitas beliau sebagai Presidential Distinguished Professor untuk berpartisipasi dalam sebuah rangkaian acara-acara publik dari 17 – 19 Oktober 2010. Acara tersebut termasuk program-program dalam bidang penelitian sains dan meditasi, kreativitas dan spiritualitas, sebuah dialog lintas keyakinan dan sebuah pengajaran bagi komunitas Buddhis dalam hal belas kasih.

Richard Gere
Richard Gere (Sbr: wikipedia.org)

Selain bersama dengan para mahasiswa dan para anggota fakultas Universitas tersebut, Yang Mulia Dalai Lama akan bergabung dengan aktor Richard Gere dan penulis Alice Walker untuk berdiskusi mengenai hubungan antara spiritualitas dan kesenian. Puncak acara tersebut adalah program “The Creative Journey: Artists in Conversation with the Dalai Lama on Spirituality and Creativity” (Perjalanan Kreativitas: Perbincangan Para Seniman dengan Dalai Lama mengenai Spiritualitas dan Kreativitas – red), yang akan menangani beberapa pertanyaan, seperti bagaimana kesenian membantu orang mengungkap pertanyaan dan kerinduan spiritual. Ketiga tokoh tersebut juga akan membicarakan peran tradisi dalam mempertahankan atau memperbarui kesenian dan kehidupan spiritual.

Alice Walker (Sbr: wikipedia.org)

Yang Mulia Dalai Lama terakhir kali berkunjung ke universitas tersebut pada tahun 2007 dan dianugerahi gelar Presidential Distinguished Professor, satu-satunya penunjukkan gelar oleh universitas tersebut yang hanya diterima oleh Pemenang Penghargaan Nobel Perdamaian dan pemimpin rakyat Tibet tersebut.

Universitas Emory memiliki sebuah program studi di Dharamsala di mana pemerintahan Tibet dalam pengasingan berbasis. Hubungan dekat tersebut juga menyebabkan terbentuknya Emory-Tibet Science Initiative yang mengembangkan pelajaran sains untuk dimasukkan ke dalam kurikulum tetap bagi para bhiksu dan bhiksuni di vihara-vihara di India.[Chime Tenzing]

Catatan Editor Bhagavant.com:
Alice Malsenior Walker atau Alice Walker adalah seorang penulis dan penyair asal Amerika . Wanita yang lahir di Georgia ini menulis sebuah novel The Color Purple yang memenangkan Penghargaan Pulitzer bidang Fiksi.

Kata kunci: , , ,
Penulis: