Asia Oseania » Asia Selatan » Ekosistem » India » Lingkungan Hidup » Pakistan

Dalai Lama: Pemanasan Global Sebabkan Banjir

Senin, 16 Agustus 2010

Yang Mulia Dalai Lama XIVAFP,
Dharamsala, India – Dalai Lama mengatakan bahwa pemanasan global dapat menjadi penyebab dari bajir dan tanah longsor yang merusak di seluruh Asia, demikian pernyataannya saat beliau melaksanakan doa pada Sabtu untuk para korban bencana tersebut.

Pemimpin spiritual Tibet itu mengatakan bahwa beliau “sangat bersedih” dengan hilangnya kehidupan dan kerusakan materi di Pakistan, India dan China, dan beliau menambahkan bahwa beliau prihatin bahwa bencana alam tersebut telah disebabkan oleh pemanasan global.

Beliau juga menyatakan keprihatinannya mengenai Rusia yang sedang berjuang menghadapi kebakaran hutan yang terburuk.

“Menurut para ahli banjir yang sangat tidak biasa dan kebakaran yang menghancurkan di Rusia ini merupakan gejala dari dampak buruk yang terjadi akibat pemanasan global dan penyebab lingkungan lainnya,” kata Dalai Lama dalam sebuah pernyataannya di Dharamsala, kediamannya di pengasingan di India utara.

“Sebuah upaya internasional bersama dibutuhkan untuk memikirkan mengenai langkah-langkah untuk melestarikan ekologi umum dan khusus,” kata Dalai Lama yang meninggalkan Tibet menuju India pada 1959.

Pakistan mengatakan bahwa 14 sampai 20 juta orang menghadapi bahaya langsung maupun tidak langsung dari dampak banjir yang belum pernah terjadi sebelumnya yang memicu bencana kemanusian terburuk di negara itu.

PBB meyakini 1.600 orang meninggal, sementara Islamabad telah mengkonfirmasikan lebih dari 1.300 meninggal dalam banjir Pakistan.

Sementara itu, China sedang berjuang melawan banjir dan tanah longsor besar yang menewaskan lebih dari 1.150 nyawa.

Di India badai hujan yang tiba-tiba yang terjadi lebih dari seminggu lalu memicu banjir bandang yang membunuh 189 orang di daerah wisata pertualangan di Ladakh di Himalaya sementara sekitar 400 orang masih hilang.

Kata kunci: , , , ,
Penulis:
REKOMENDASIKAN: