Asia Oseania » Asia Tenggara » Indonesia » Meditasi

Kunjungan Thich Nhat Hanh Ke Indonesia 2010

Jumat, 13 Agustus 2010

Buddhisme di IndonesiaBhagavant.com,
Jakarta, Indonesia – Setelah mengadakan retret 5 hari di Malaysia dalam rangka kunjungannya ke Asia Tenggara tahun 2010, Y.M Thich Nhat Hanh yang sering disebut Thay (Guru) juga akan memimpin retret meditasi perhatian penuh (kesadaran penuh) selama 5 hari dalam kunjungannya ke Indonesia pada 27 September – 11 Oktober 2010.

Thay Nhat Hanh yang merupakan Guru Zen terkemuka asal Vietnam yang sekarang berdomisili di Perancis, direncanakan akan tiba di Jakarta pada 27/10 dan langsung menuju Bogor untuk mengadakan retret.

Peace Walk Y.M Thich Nhat Hanh
Peace Walk Y.M Thich Nhat Hanh

Retret yang bertema “The Miracle of Mindfullness” (Keajaiban dari Perhatian Penuh) ini akan diadakan pada 29 September 2010 pukul 12.50 sampai 3 Oktober 2010 pukul 17.50, dan berlokasi di Kinasih Resort, Jl. Raya Sukabumi Km. 17, Caringin – Bogor 16730, Jawa Barat.

Dalam retret meditasi “perhatian penuh”yang diharapkan mencapai 700 peserta tersebut, akan dipimpin oleh Thay Nhat Hanh dan para anggota Sangha Plum Village lainnya. Dan para peserta meditasi tersebut akan dilatih oleh 50 anggota vihara.

Sehari setelah mengadakan retret meditasi perhatian penuh, Thay Nhat Hanh akan mengunjungi Kebun Raya Bogor dan menuju ke Jakarta untuk kemudian terbang ke Yogyakarta untuk mengunjungi Candi Sewu pada 5/10 dan mengadakan Borobudur: Morning Peace Walk, perjalanan menuju Candi Borobudur untuk Perjalanan Damai dan Ceramah Dharma serta mengunjungi beberapa vihara pada 7/10.

Ceramah Umum Y.M Thich Nhat Hanh
Ceramah Umum Y.M Thich Nhat Hanh

Setelah kunjungan ke Candi Borobudur, Thay Nhat Hanh kembali menuju ke Jakarta untuk mengunjungi beberapa tempat bersejarah seperti Pecinan, Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Fatahillah dan Museum Wayang serta mengadakan ceramah umum pada 9/10, mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah dan Museum Purna Bhakti Pertiwi pada 10/10.

Thay Nhat Hanh mengakhiri kunjungannya dan meninggalkan Indonesia pada 11/10 untuk kemudian melanjutkan perjalanannya mengunjungi Thailand pada 15 – 29 Oktober 2010.(Southeast Asia Tour of Thich Nhat Hanh – 2010).

Kata “Thich” pada nama Thich Nhat Hanh dalam bahasa Vietnam berasal dari kata “Thich Ca” atau “Thich Gia”, yang berarti “dari suku Shakya” (mengacu pada nama keluarga Buddha Shakyamuni).

Informasi mengenai Peace Walk di Candi Borobudur silahkan akses: Peace Walk A Day of Mindfulness

Informasi mengenai Ceramah Umum silahkan akses: Peace Every Step.[Sum]

Kata kunci: , , , , , , ,
Penulis: