Asia Oseania » Asia Tenggara » Seremonial » Thailand

Para Bhikkhu Berharap Umat Aktif

Sabtu, 11 Juli 2009

Hari Asadha PujaAsiaNews
Bangkok, Thailand – Dalam slogan, ”Pergi ke vihara setiap Minggu, membuatmu bahagia,” mendorong praktik Buddhis di kalangan umat. Ini merupakan semangat yang menandakan perayaan hari Asalha Puja – hari bulan purnama di bulan kedelapan dalam penanggalan lunar (bulan) – jatuh pada 7 Juli di Thailand.

Di tanah para gajah, 94% dari lebih 62 juta orang beragama Buddha tetapi hanya sebagian kecil mengikuti praktik kemoralan agama Buddha. Menurut survei yang dilakukan di vihara Yannawa, di pusat kota Bangkok, hanya 57% melakukan persembahan kepada para bhikkhu, 8,2% mendengarkan kotbah dan 3,2% mempraktikkan meditasi. Sebanyak 42,7% menghadiri pelayanan agama sebulan sekali, 30% mengatakan ”tergantung pada kesempatan”, 11, 2% sekali dalam tiga bulan, 8,8% setiap enam bulan sekali, dan 7,1% setiap satu tahun sekali.

Ketidakpedulian terhadap praktik keagamaan mendapat perhatian para pemimpin Buddhis, yang meluncurkan sebuah kegiatan untuk mengajak umat untuk menghadiri tempat-tempat puja bakti dengan giat. Phra Phromvajirayan, salah seorang anggota Asosiasi para Bhikkhu, mengkonfirmasikan bahwa orang pergi ke vihara pada saat-saat tertentu saja.

Beliau menjelaskan tujuan dari ”memberi kehidupan pada aktivitas khusus dalam vihara” dengan target”anak-anak dan kaum muda.” Di antaranya”mendorong untuk membaca Dhamma (ajaran Buddha), pengalaman hidup di vihara selama satu hari satu malam dan mempromosikan tindakan sukarela untuk kebaikan komunitas.”

Dalam kesempatan di hari raya Asalha Puja, Sangharaja Somdej Phra Yanasungvorn mendorong umat Buddha untuk mempraktikkan kedamaian dan belaskasih, untuk membawa kebahagiaan bagi komunitas, masyarakat dan seluruh bangsa. “Saya menyerukan kepada umat Buddha untuk mengambil kesempatan untuk menjalankan kemoralan, untuk mendapatkan kebajikan, mendengarkan kotbah dan lebih banyak berdoa untuk kehidupan yang damai. Doa-doa membuat para makhluk menjadi tenang, kehidupan yang damai dimulai dengan kedamaian di pikiran melalui meditasi.”

Asalha Puja merupakan salah satu perayaan yang paling penting dalam kalender Buddhis, memperingati kotbah pertama, Dhammacakkappavattana Sutta oleh Sang Buddha kepada lima petapa. Hari ini juga merupakan hari terbentuknya tiga unsur: Buddha, Dhamma (hukum) dan Sangha (pesamuhan para bhikkhu), yang ketiganya membentuk Triratna (Tiga Permata).

Perayaan hari Buddhis diikuti oleh satu hari puasa, yang menandakan awal dari tiga bulan masa vassa, dimana para bhikkhu berdiam diri dalam vihara dan hanya pergi jika diperlukan, kemudian kembali ke vihara sebelum matahari terbenam.

Kata kunci: , , ,
Penulis: