Asia Oseania » Asia Tenggara » Gerakan Buddhis » Indonesia » Seremonial » Sosial

Jadwal Kegiatan Vesak 2554 B.E Bersama KASI

Selasa, 4 Mei 2010

Konferensi Angung Sangha IndonesiaBhagavant.com,
Jakarta, Indonesia – Tiga minggu lagi umat Buddha secara internasional akan merayakan Hari Vesak (Waisak) tahun 2554 B.E (Buddhis Era) yang jatuh pada tanggal 28 Mei 2010. Detik-detik Vesak yang secara tradisi diterapkan hanya oleh umat Buddha di Indonesia, pada tahun ini jatuh pada Pukul 06.07.03 WIB.

Dalam rangka peringatan Vesak 2554 B.E ini, Konferensi Agung Sangha Indonesia (KASI) melakukan beberapa rangkaian kegiatan berupa bakti sosial, seminar dan prosesi Vesak Puja yang direncanakan akan di adakan dari Candi Mendut menuju Candi Agung Borobudur.

Bakti sosial telah dimulai hari Minggu (2/5) dan akan dilanjutkan pada tanggal 16 Mei mendatang di Jabotabek termasuk wilayah Banten. Pada Sabtu 15 Mei, akan diadakan sebuah seminar nasional kebangsaan dengan narasumber tokoh-tokoh agama, tengan tema “Dengan Dharma Membangun Karakter Bangsa (Dharma : Kebenaran, Kejujuran, Keadilan dan Kebijaksanaan)”.

Selain di Jabotabek dan Banten, bakti sosial juga akan diadakan di Jawa Tengah ( wilayah Borobudur dan sekitarnya) pada 24 sampai 27 Mei dan dilanjutkan pada 29 Mei.

Berikut jadwal prosesi Vesak Puja yang akan diadakan dari Candi Mendut sampai ke Candi Agung Borobudur.

Kamis, 27 Mei 2010

05:00

Meditasi dan pembacaan paritta di Mendut

09:00

Prosesi dari Vihara Mendut ke Candi Mendut dengan membawa pelita penerangan Waisak dan air berkah Waisak, dilanjutkan dengan pemberkahan Air Berkah Waisak untuk umat. Pembacaan paritta, sutra dan mantra oleh umat dan delegasi organisasi yang hadir secara bergantian di Candi Mendut.Bakti Sosial Pengobatan Waisak ( Pelataran Manohara)

18:00

Pembacaan paritta, sutra dan mantra oleh umat dan delegasi organisasi yang hadir secara bergantian di Candi Borobudur.

Jum’at, 28 Mei 2010

05:00

Pradaksina mengelilingi Candi Borobudur dengan satu kali namaskara untuk setiap tiga langkah maju. Pembacaan paritta, sutra dan mantra menyambut detik-detik Waisak.

06:00

Meditasi Waisak di Candi Mendut dan Candi Borobudur.

08:00

Pembacaan paritta, sutra dan mantra secara bergantian oleh umat dan delegasi organisasi yang hadir di Candi Mendut dan Candi Borobudur.

09:00

Pembagian air berkah Waisak.

13:00

Persiapan prosesi.

14:00

Prosesi dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur.

16:00

Upacara puja bakti Waisak di Candi Borobudur.

19:00

Upacara selesai.

Tambahan: Untuk Jadwal pembacaan Parita pada Puja Bakti Vesak 2554 B.E dapat di unduh di sini

[Sum]

(Sbr: www.kasi.or.id)

Kata kunci: , , , , ,
Penulis: