Asia Oseania » Asia Selatan » India » Seremonial

Thailand Hadiahkan Relik Buddha Ke Sikkim

Buddhisme di IndiaOrganiser,
Sikkim, India – Shri Somdet Phra Nayanasamvara, Sesepuh Tertinggi (Sangharaja) ke-19 Kerajaan Thailand menghadiahkan 13 buah relik Sang Buddha yang berharga yang merupakan koleksi dari 13 negara yang berbeda yang 8 di antaranya adalah negara Buddhis, kepada Sikkim (India) yang digunakan untuk proyek sejarah yang dikenal dengan Proyek Sakyamuni di Rabong di wilayah bagian Ravangla di wilayah selatan Sikkim.

Relik-relik tersebut diserahkan oleh delegasi tingkat tinggi yang terdiri dari 33 orang bhikkhu dan diketuai oleh Shri Jamnian Chonsakhom Seelasetthi, ketua vihara Thailand, yang dilakukan dalam upacara besar yang diselenggarakan di kompleks baru Karma Thekcheling. Relik-relik tersebut diterima oleh Menteri Pembangunan Kota Sikkim, Shri D.D. Bhutia, dan Rimpoche Goshir Gyattshab, jabatan tertinggi di tradisi Kagya setelah Karmapa. Ribuan bhikkhu, pandita dan umat hadir dalam kesempatan yang dilaksanakan pada 25 November 2008 lalu.

Proyek Sakyamuni merupakan salah satu dari proyek bersejarah dan bertualang, yang diluncurkan oleh Pemerintah Sikkim dibawah ketua pelindung Dr. Pawan Chamling, Kepala Menteri Sikkim. “Sakyamuni” dalam bahasa Newari dari dinasti Sakya berarti Sang Buddha. Dalam rangka untuk tetap menghidupkan keberlangsungan, kesejahteraan dan kestabilan kesucian Buddhisme di Sikkim, pemerintah berencana untuk membangun sebuah rupang Sang Buddha setinggi 148 kaki.

Relik-relik yang berasal dari 8 negara Buddhis bersama dengan vihara-vihara terkemuka dari seluruh dunia termasuk Bodh Gaya (Bihar) akan memberi kontribusi pada pembangunan Proyek Sakyamuni. Dalam rangka menarik perhatian sejumlah besar turis dan penziarah dari seluruh dunia, maka akan dibangun sebuah eko-taman yang indah untuk pertumbuhan dan kebaikan di sekitar area tersebut, demikian yang diinformasikan oleh kementerian.

Shri Seelasetthi mengekspresikan kegembiraan dan kebahagiaannya dalam kesempatan tersebut dengan mengatakan bahwa proyek ini tidak hanya akan membangun hubungan yang baik antara India dan Thailand tetapi juga membantu untuk meningkatkan hubungan bilateral India dengan negara-negara Buddhis lainnya. Ini juga akan menambahkan banyak pencantuman nama Sikkim di dalam peta dunia pariwisata. [Ashok Chaurasia]

Kata kunci: , , ,
Penulis:
REKOMENDASIKAN