Asia Oseania » Asia Timur » Mongolia » Pendidikan

Penghargaan Bagi Guru Buddhis Mongol

Rabu, 10 Desember 2008

Tokoh BuddhisMongolia Web News
Ulan Bator, Mongolia – Sebuah penghargaan dari Belanda, Prince Clause Award, diberikan kepada seorang guru Buddhis Mongolia.

G.Purevbat, lahir di Tov Aimag diberikan penghargaan untuk hasil karyanya sebagai seorang seniman dan guru Buddhis tradisi Vajrayana.

Purevbat telah berkarya untuk merevitalisasi agama Buddha di Mongolia, yang berada dalam tekanan rezim komunis. Purevbat mendirikan sebuah sekolah untuk melatih para seniman dan guru diberagam bidang seperti melukis, memahat, menyulam, arsitektur dan menari. Ia mendirikan Institusi Kesenian Buddhis Zanabazar Mongolian, yang menjadi sponsor pameran, dokumen situs sejarah dan melaksanakan proyek-proyek pemulihan kembali dan pengenalan kembali festival-festival.

Ia juga dikenal dalam menciptakan sebuah kursus para ahli bagi para lulusan dan ia sedang melakukan penulisan 23 bab berseri dari teori dan teknik seni Buddhis.

Dalam pengumuman penghargaan The Prince Clause Awards mencatat, “Karya seni terbaik Purevbat, kegiatannya yang berinspirasi dan penyebaran pengetahuan Purevbat menciptakan kebangkitan dalam identitas budaya Mongolia dan pengakuan sejarah. Seniman dan sarjana, Y.M. Purevbat mendapatkan penghormatan atas kerja kerasnya dalam keaslian metode dan tekniknya, dalam membangun kembali sebuah praktik estetika “kuno” yang penting, untuk dedikasi dan kemurahan hatinya dalam membantu perkembangan generasi mendatang, dan bagi perawatan atas identitas lokal melalui seni tradisi dan budaya.”

Menurut Yayasan Prince Claus, Prince Clause Awards yang diadakan tiap tahun diberikan sebagai “pengakuan dan peluang baru” kepada para individu dan organisasi.

Kata kunci: , ,
Penulis: