Asia Oseania » Asia Selatan » Pendidikan » Sri Lanka

Sri Lanka Segera Hadirkan Ensiklopedi Buddhis

Minggu, 24 Februari 2008

Pendidikan BuddhisLanka Everything,
Jayawardenapura, Sri Lanka – Sebuah media ensiklopedi Internasional berbahasa Inggris mengenai Buddhisme, yang mencakup secara luas mengenai berbagai pembahasan termasuk ajaran, filsafat, budaya dan aneka ragam kegiatan Buddhis, akan segera selesai disusun.

Pada mulanya, proyek ini mulai diluncurkan oleh Pemerintah Sri Lanka pada tahun 1955 untuk memperingati Buddha Jayanthi ke-2500, dan kemudian diambil alih oleh Pimpinan Editor kawakan, Profesor Emeritus G. P. Malalasekera.

Ensiklopedia tersebut akan berisi delapan bab, termasuk daftar isinya. Terlepas dari bab kedelapan yang sedang disusun, tujuh bab sudah selesai dan dicetak pada akhir tahun 2006. Bagian pertama dari BAB VIII, juga telah selesai dan dicetak pada bulan Januari 2008. Sekarang, bagian kedua dari BAB VIII dalam pengerjaan dan akan selesai dan diterbitkan di akhir Maret atau April 2008.

Beragam artikel akan ada di bagian ke-3 dan 4 dari Bab terakhir yang sekarang dalam pengerjaan komputerisasi dan pengeditan, dan keduanya akan diluncurkan di awal April 2008. Bagian terakhir yang diterbitkan untuk pembaca akademis, Bagian I dari Bab VIII, terdiri dari 238 halaman.

Kontributor utama artikel-artikel penelitian pada bagian ini adalah Profesor P. V. B. Karunatilleke, bhikkhu sarjana Buddhis Jerman Dr. Bhikku Analayo, Profesor E. W. Marasinghe, Professor C. Witanachchi, bhikkhu sarjana Buddhis Jerman Profesor Pasadika, Profesor Nandasena Mudiyanse, Dr. K. Arunasiri, Y.M. Profesor Dhammavihari, Bapak C. S. Ranasinghe, Bhikkhuni Suvimali, Professor P. D. Premasiri, Professor Lily de Silva dan Profesor P. B. Meegaskumbura. Pimpinan Editor Dr. W. G. Weeraratne mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya kepada para sarjana Buddhis tersebut, atas penjelasan dan kontibusi besar mereka.

Redaksi Encyclopedia of Buddhism tidak sabar untuk menunggu tanggal dan waktu yang tepat untuk menyerahkan secara resmi cetakan pertama dari Bagian I dari Bab VIII kepada Menteri Agama dan Presiden Mahinda Rajapaksa, sebelum bagian ini diluncurkan ke publik.

Kata kunci: , ,
Penulis:
REKOMENDASIKAN: