Asia Oseania » Asia Selatan » Ekosistem » India » Lingkungan Hidup

Upacara Pemakaman Hewan Di Bihar

Buddhisme di IndiaANI,
Bodh Gaya, India – Maitri, sebuah Organisasi Non-Pemerintah, telah mengusahakan untuk memberikan perawatan medis khusus bagi hewan-hewan peliharaan, dan jika mereka mati, akan diberikan pemakaman yang pantas.

Dijalankan oleh seorang wanita asal Italia di Bodh Gaya, apa yang dilakukan ONP Maitri bagi hewan-hewan liar dan peliharaan seperti itu merupakan hal yang jarang didengar di daerah-daerah lain di dalam negeri, bahkan di luar negeri.

Para hewan yang dibawa ke Maitri diberikan perawatan medis secara cuma-cuma seperti imunisasi dan perawatan anti rabies. Dalam kasus kematian, hewan-hewan ini diberikan pemakaman yang pantas di sebuah taman terpelihara khusus milik organisasi tersebut dengan upacara Buddhis.

Adriana Ferranti, direktur Maitri asal Italia, mengatakan, ”Saya melakukan apa yang seseorang akan lakukan ketika seorang manusia meninggal. Kami berkeliling mencari hewan-hewan yang sudah mati, apakah itu anjing atau hewan lainnya, di sekeliling stupa dalam rangka mencari berkah Sang Buddha bagi makhluk yang mati. Setelah itu, kami memakamkan hewan-hewan tersebut dengan upacara. Hal ini dilaksanakan untuk memastikan kehidupan kembali yang lebih baik bagi hewan-hewan tersebut.”

Banyak para sukarelawan, termasuk beberapa pekerja dari Maitri, menyadari kewajiban sosial mereka untuk merawat semua hewan yang tak terawat termasuk sapi, kucing, tikus dan kambing.

Hewan yang mati dibungkus dalam kain putih bersih dan seorang pandita Buddhis atau Hindu menyelenggarakan semua upacara yang dibutuhkan.

Sudah ada lebih dari 150 hewan, kebanyakan anjing, yang telah dimakamkan di sini dengan nama di batu nisan mereka, mungkin juga tanggal lahir dan mati, dan dibeberapa kasus bahkan silsilah mereka.

”Ketika seekor hewan mati, ibu (Adriana) memastikan bahwa hewan tersebut dimakamkan atau dikremasi dengan penghormatan,” kata Jumman, seorang pekerja Maitri.

Terakhir, pelayanan upacara ini tidak membutuhkan biaya.

Pelayanan ini juga bermanfaat bagi para pemilik hewan ternak atau peliharaan yang miskin untuk mendapatkan pelayanan perawatan dari ONP

Taman pemakaman hewan Maitri kemungkinan merupakan yang pertama di Bihar dan Jharkhand.


Kategori: Asia Oseania,Asia Selatan,Ekosistem,India,Lingkungan Hidup
Kata kunci: , , ,
Penulis:
REKOMENDASIKAN BERITA INI: