Asia Oseania » Asia Selatan » Ekosistem » India » Lingkungan Hidup

Pohon Bodhi Tetap Belum Membaik

pohon bodhiIANS,
Bodh Gaya, India – Pohon Bodhi di Bodh Gaya, yang merupakan pohon suci bagi jutaan orang di seluruh dunia sejak Sang Buddha mencapai PencerahanNya di sana sekitar 2550 tahun yang lalu, dihinggapi oleh penyakit yang tidak diketahui.

”Tidak seperti biasanya, ratusan daun segar dari pohon suci berguguran setiap harinya. Ada sesuatu yang salah dengan pohon ini,” kata seorang bhikkhu di Vihara Mahabodhi di Bodh Gaya, sekitar 100 kilometer dari ibukota Bihar, Patna.

Pohon Bodhi tersebut berasal dari pohon beringin asli dimana Sang Buddha mencapai Pencerahan. Pohon tersebut berada di belakang Vihara Mahabodhi. Pada tahun 2002, UNESCO menyatakan bahwa Vihara Mahabodhi sebagai salah satu Situs Warisan Dunia (World Heritage Site).

Berbagai sumber di Bodh Gaya mengatakan bahwa ilmuwan tanaman A.K. Singh telah menyarankan beberapa perbaikan secara pasti setelah meneliti pohon tersebut.

”Ia telah memperingatkan bahwa pohon tersebut kurang mendapatkan nutrisi dan kekurangan tingkat kelembaban di sekitar akar,” kata salah seorang narasumber.

Tetapi petugas di distrik Gaya segan berbicara secara mendetail mengenai hal yang menyedihkan yang menimpa pohon tersebut. ”A.K. Singh telah menyarankan beberapa langkah pasti untuk menambah nutrisi bagi pohon tersebut,” kata Jitendra Srivastava seorang petugas di Distrik Gaya kepada IANS.

Minggu lalu, pemerintah distrik Gaya kembali meminta bantuan kepada A.K. Singh untuk memeriksa gugurnya kembali daun-daun segar pada pohon tersebut.

Baru saja dua tahun yang lalu para ilmuwan telah menyelamatkan pohon Bodhi dari penyakit, ketika daun-daunnya mulai berubah menjadi hitam dan kusam.

”Pohon tersebut memunculkan daun-daun baru setelah tiga tahun perawatan yang dilakukan oleh para ilmuwan,” kata seorang petugas. Ratusan para perziarah Buddhis dari seluruh dunia membawa pulang daun-daun dari pohon Bodhi tersebut.

Tahun lalu, seorang yang tidak bertanggung jawab telah memotong dahan pohon Bodhi tersebut.

Menurut seorang petugas dari Vihara Mahabodhi, pohon Bodhi tersebut merupakan generasi keenam dari pohon beringin yang aslinya.

Kata kunci: , , ,
Penulis:
REKOMENDASIKAN