Asia Oseania » India » Seremonial

Ratusan Orang Pindah ke Agama Buddha Secara Masal

Buddhisme di IndiaBhagavant.com
New Delhi, India – Ratusan orang dari kota Nagpur, sebelah Barat India, Sabtu lalu (14/10) melakukan pertemuan dalam rangka memperingati 50 tahun pindah agama ke agama Buddha oleh Dr.B.R. Ambedkar, seorang tokoh pejuang bagi kaum Dalit. Momen ini juga sekaligus dijadikan ajang untuk melakukan perpindahan agama secara masal dari agama Hindu ke agama Buddha. Pada 50 tahun yang lalu (1956), lima juta kaum Dalit dipimpin oleh Dr.B.R. Ambedkar secara masal melakukan perpindahan agama menjadi penganut agama Buddha.

Kaum Dalit merupakan kaum yang memiliki kasta terendah dalam tradisi Hindu di India. Kaum ini sering disebut sebagai ”kaum tak terjamah” (untouchable), kaum yang berada di luar kasta. Terdapat lebih kurang 16 persen kaum Dalit dari 80 persen umat Hindu di India.

Perpindahan keyakinan secara masal para kaum Dalit ini sudah terjadi dalam beberapa tahun belakangan ini. Sikap yang mereka ambil ini didasari pada diskriminasi yang sering menimpa diri mereka karena sistem kasta yang ada dalam tradisi Hindu di India. Dan keinginan mereka untuk pindah agama menjadi agama Buddha bukan sekedar agama Buddha lahir di tanah air mereka, tapi karena agama Buddha tidak mengenal adanya sistem kasta.

Pertemuan akbar ini juga bertujuan untuk melakukan protes kepada pemerintah setempat karena telah menerbitkan undang-undang yang mengatur dan mempersulit perpindahan agama dari agama Hindu ke agama lain.[Sum]

Kata kunci: , , , ,
Penulis:
REKOMENDASIKAN