Asia Oseania » Asia Tenggara » Indonesia » Seremonial

Vesak 2551 B.E: Berbeda Tapi Tetap Satu

Minggu, 27 Mei 2007

Hari VesakBhagavant.com,
Jakarta, Indonesia – Seperti biasanya, setiap tahun, antara bulan Mei dan Juni, umat Buddha di seluruh dunia merayakan hari Vesak atau Waisak. Biasanya Vesak di setiap negara jatuh pada hari yang sama atau setidaknya hanya berselang 1 hari di beberapa negara dengan beberapa negara yang lain. Katakanlah besok Indonesia merayakan Vesak, tapi sehari sebelumnya Malaysia sudah merayakannya.

Hari besar memperingati kelahiran, penerangan sempurna, dan parinirvana Buddha Gotama ini, berdasarkan catatan berbagai tradisi Buddhis ternyata pada awalnya tidak sama di setiap negara. Untuk dapat mempersatukan umat Buddha di seluruh dunia, pada tahun 1950 World Fellowship of Buddhist (WFB) atau Persaudaraan Buddhis Dunia menetapkan secara internasional hari Vesak dirayakan pada bulan purnama di bulan Mei. Dan jika terdapat 2 (dua) bulan purnama di bulan Mei maka dipilih bulan purnama yang pertama.

Namun, nampaknya untuk tahun-tahun tertentu seperti halnya pada Vesak 2551 B.E / 2007 kali ini, terjadi perbedaan jatuhnya hari Vesak. Kesepakatan hari Vesak yang jatuh pada bulan purnama yang pertama di bulan Mei sebagai tradisi persatuan yang dicanangkan oleh WFB belum sepenuhnya dapat berjalan dan terlaksana di tiap negara. Hal hasil, terjadilah perbedaan yang cukup jauh di setiap negara dalam merayakan Vesak. Menurut beberapa sumber, ada 5 tanggal dimana ditetapkan sebagai Vesak 2551 B.E kali ini.

Pada tanggal 1 Mei, negara yang merayakan Vesak adalah: Sri Lanka, Malaysia, Kamboja, dan Myanmar.
Pada tanggal 2 Mei, yaitu Nepal, Laos, India dan Bangladesh.
Pada tanggal 24 Mei, yaitu Hong Kong, Korea Selatan, Macau dan Taiwan.
Pada tanggal 31 Mei, yaitu Singapura dan Thailand.
Pada tanggal 1 Juni, yaitu Bhutan dan Indonesia.

Jika menggunakan aturan kesepakatan bersama yang telah ditetapkan oleh WFB, maka untuk tahun ini karena terdapat 2 (dua) bulan purnama di bulan Mei, maka seharusnya yang dipilih sebagai hari Vesak adalah bulan purnama yang pertama yang jatuh pada tanggal 1 atau 2 Mei 2007 bukan 31 Mei atau 1 Juni 2007. Sumber tertentu mengadakan bahwa ada kemungkinan penetapan tanggal 31 Mei ataupun 1 Juni 2007 sebagai hari Vesak adalah karena pertimbangan jatuh pada bulan 4 pada penanggalan Tionghoa.

Meskipun ada perbedaan pada penanggalan, namun yang terpenting adalah makna atau nilai spiritual yang terkandung di dalam hari Vesak itu sendiri. Seperti yang gemakan oleh Sangha Agung Indonesia dalam Pesan Waisak 2551 B.E. yaitu kehadiran Sang Buddha berarti kehadiran kebijaksanaan, cinta kasih, dan perdamaian, dimana kita perlu mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Selamat Vesak 2551 B.E / 2007
Semoga cahaya Dhamma beserta kita.
Sadhu! Sadhu! Sadhu!

Kata kunci: , , , , ,
Penulis: