Asia Oseania » India

Relik Buddha di Pindahkan ke Bodh Gaya

IANS,
Patna, India – Relik suci Sang Buddha akan segera dipindahkan dari vihara di Sri Lanka ke Bodh Gaya di Bihar, tempat kelahiran Buddhisme, demikian kata bhikkhu senior pada hari Rabu (31/1).

Relik-relik tersebut dipindahtangankan kepada para bhikkhu oleh Presiden Sri Lanka, Mahinda Rajapakse pada hari Selasa, kata P. Shvli Thero, ketua bhikkhu dari Vihara Mahabodhi Bodh Gaya. Relik-relik tersebut telah tersimpan di Sri Lanka selama beberapa dasawarsa.

”Sri Lanka memutuskan untuk memindahkan relik-relik suci tersebut ke Bodh Gaya karena Bodh Gaya merupakan tempat suci Buddhisme di dunia,” kata Shvli Thera. Sang Buddha, lahir sebagai Pangeran Siddhartha, menemukan Buddhisme dan dikatakan mencapai Pencerahan di bawah pohon Bodhi di Bodh Gaya, sekitar 110 km dari sini.

Menurut Shvli Thero, relik-relik tersebut akan berada pada ruang pameran di Chennai dan New Delhi sebelum dibawa ke Bihar.

Tahun lalu, Bihar telah menolak permintaan pemerintah Sri Lanka untuk mengirimkan kotak berisi abu kremasi Sang Buddha untuk pameran publik.

Sumber resmi mengatakan bahwa kotak tersebut yang disimpan di Museum Patna, terlalu rentan untuk dibawa ke Sri Lanka.[Sum]

Rekomendasikan:

Kategori: Asia Oseania,India
Kata kunci: , ,
Penulis:
REKOMENDASIKAN BERITA INI: