India » Seremonial

Buddhis Tripura Adakan Festival Dana Jubah Kathina

Jumat, 17 Oktober 2014

Bhagavant.com,
Tripura, India – Ratusan umat Buddhis berkumpul di Vihara Venuban (Pali:Venuvana), sebuah vihara bersejarah di Tripura, India, untuk berpartisipasi dalam festival perayaan Kathin Chibor Dan (Kathina Civara Dana) atau Dana Jubah Kathina.

Buddhis di Tripura, India, rayakan Kathina dengan mempersembahkan jubah para bhikkhu
Buddhis di Tripura, India, rayakan Kathina dengan mempersembahkan jubah para bhikkhu. Foto: bdnews24.com

Perayaan Kathin Chibor Dan diadakan setelah hari Prabarana Purnima (Pavarana) sebagai akhir dari masa vassa (retret) para bhikkhu. Pada saat perayaan ini para umat mempersembahkan jubah baru kepada para bhikkhu.

“Kami ingin menyebarkan pesan Buddha akan perdamaian dan kami mengecam kekerasan,” kata Sruta Ranjan Khisa, salah seorang umat seperti yang dikutip bdnews24.com, Minggu (12/10/2014).

Festival perayaan tersebut menyoroti pentingnya pengorbanan dalam hidup dan karenanya umat Buddhis melakukan puja bakti dan kemudian mempersembahkan dana secara iklas.

“Festival ini dirayakan di seluruh dunia dalam waktu satu bulan dari akhir Prabarana Purnima dan para umat berkumpul dan mempersembahkan berbagai hal yang berbeda kepada para bhikkhu, sebuah simbol pengorbanan,” kata Gautam Chakma, umat Buddhis lainnya.

“Melalui festival ini kami berharap untuk mendapatkan kembali perdamaian bagi seluruh umat manusia, tidak hanya Buddhis tetapi untuk semua orang,” tambahnya.

Umat Buddhis pada Minggu itu menyalakan lilin, melakukan puja bakti, dan menyumbang buku-buku, pena, buku tulis, dan melakukan tradisi mengikatkan benang di pohon kalpataru dengan harapan agar impian mereka terwujud.

Banyak yang mengatakan bahwa festival tersebut juga sebuah momen untuk memperkenalkan kepada para generasi muda terhadap filsafat-filsafat Buddhis dan tradisi yang makin lama makin memudar.[Bhagavant, 17/10/14, Sum]

Kata kunci:
Penulis: