Asia Tenggara » Indonesia

Borobudur Kembali Jadi Tempat Perayaan Vesak

Bhagavant.com,
Jawa Tengah, Indonesia – Candi Agung Borobudur akan kembali menjadi tempat perayaan Hari Trisuci Vesak (Waisak) setelah dua tahun tidak digunakan karena pandemi COVID-19.

Candi Borobudur
Candi Borobudur

Tahun ini, Candi Agung Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia akan menjadi tuan rumah peringatan Hari Trisuci Vesak yang diselenggarakan oleh Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) dan Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) pada Senin (16/5/2022).

“Tahun ini Walubi bersama Permabudhi merayakan Waisak di Borobudur, setelah dua tahun tidak diadakan karena pandemi,” kata koordinator Waisak 2566 EB (Era Buddhis), Tanto Soegito Harsono di Magelang, seperti yang dilansir Antara News, Kamis (12/5/2022).

Harsono mengatakan bahwa karena adanya pembatasan kapasitas terkait pandemi saat ini, penyelenggara hanya mengizinkan 1.200 umat Buddha untuk bergabung dalam peringatan di Candi Agung tersebut.

“Dua hari lalu kami sudah koordinasi dengan instansi terkait. Peserta yang boleh masuk ke zona I atau di lokasi detik-detik Waisak dibatasi hanya 1.200 orang dan tetap menjaga protokol kesehatan,” katanya.

Selain di Candi Borobudur, pihak berwenang juga telah membatasi peserta yang akan mengikuti prosesi arak-arakan Hari Raya Waisak dari Candi Mendut ke Candi Borobudur, kata Harsono sambil mengakui bahwa membatasi peserta di jalan umum dan ruang terbuka akan sukar untuk dilakukan.

Harsono menegaskan, peringatan Hari Raya Waisak telah dimulai pada Sabtu (7/5/2022) saat umat Buddha mengikuti kegiatan karya bakti yang diselenggarakan di taman makam pahlawan di setiap ibu kota provinsi di Indonesia.

“Kemarin kami juga sudah melakukan selamatan di tiga candi, yakni Mendut, Pawon, dan Borobudur,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa pada Sabtu (14/5/2022) dilakukan bakti sosial berupa pembagian paket bantuan sembako di Candi Borobudur, dilanjutkan pengambilan api dharma di Mrapen, Kabupaten Grobogan dan api akan disemayamkan di Candi Mendut.

Pada hari berikutnya Minggu (15/5/2022), para viharawan akan mengambil air suci dari Umbul Jumprit, Kabupaten Temanggung, dan kemudian air suci tersebut akan disimpan di Candi Mendut.

Peringatan Hari Trisuci Vesak tahun ini jatuh pada Senin, 16 Mei 2022 dengan Detik-detik Vesak pada pukul 11.13.46 WIB atau 12.13.46 WITA atau 13.13.46 WIT.[Bhagavant, 13/5/22, Sum]


Kategori: Asia Tenggara,Indonesia
Kata kunci: , ,
Penulis:
REKOMENDASIKAN BERITA INI: