Pendidikan

Y.M. Dalai Lama Akan Hadiri NDBF 3.0 Secara Virtual

Bhagavant.com,
Jakarta, Indonesia – Y.M. Dalai Lama Ke-14, direncanakan akan menghadiri Nusantara Dharma Book Festival 3.0 secara LIVE virtual pada Rabu, 11 Agustus 2021.

Y.M. Dalai Lama Akan Hadiri NDBF 3.0 Secara Virtual

Salah satu tokoh Buddhis paling terkemuka di dunia, Y.M. Dalai Lama, telah mengonfirmasi kesediaannya untuk hadir dan berdialog secara virtual (online) dalam sebuah acara festival buku-buku Buddhis dan Nusantara – Nusantara Dharma Book Festival 3.0 (NDBF 3.0).

NDBF 3.0 merupakan festival bazar buku Buddhis dan Nusantara terlengkap di Indonesia yang diselenggarakan oleh Yayasan Pelestarian dan Pengembangan Lamrim Nusantara (YPPLN). Festival yang telah diselenggarakan untuk kali ketiganya ini akan digelar pada 11 hingga 29 Agustus 2021 secara online untuk kali kedua karena pandemi COVID-19.

Pada acara Grand Buddha Goes to School (GBGTS): Heart-to-Heart Conversation with His Holiness Dalai Lama XIV yang merupakan pembuka rangkaian acara NDBF 3.0, pemimpin spiritual Buddhis asal Tibet dan sekaligus peraih Penghargaan Nobel Perdamaian tahun 1989 tersebut rencananya akan berdialog dengan 1.000 siswa Indonesia yang berusia 14- 21 tahun.

Acara GBGTS yang terselenggara berkat kolaborasi YPPLN dengan Biara Indonesia Tuṣita Vivaraṇācaraṇa Vijayāśraya ini rencananya dilakukan secara live untuk umum dan gratis serta dapat disaksikan di situs web: ndbf.lamrimnesia.com pada Rabu, 11 Agustus 2021 pukul 10.30 – 11.30 WIB. Acara ini secara khusus ingin memperkenalkan kembali sosok Buddha dan menginspirasi para siswa dengan perbuatan heroik Bodhisattva dalam kisah Jataka Mala.

Selain berdialog dengan para siswa, Y.M. Dalai Lama juga akan memberikan ajaran tentang nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Jataka Mala dan nilai-nilai Buddhis universal yang kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dan dialog dengan Beliau.

Jataka Mala merupakan salah satu mahakarya literatur klasik Buddhis paling tua yang memuat pokok-pokok penting ajaran Mahayana, dituangkan dalam bentuk kisah kelahiran lampau Sang Bodhisattva Agung. Kisah-kisah ini bahkan secara khusus dipilih oleh leluhur kita untuk diabadikan di Candi Borobudur.

Pada tahun ini, NDBF akan menggandeng 30 penerbit nasional dan internasional dengan lebih dari 500 judul buku bertema Agama Buddha dan umum seperti filsafat, budaya, psikologi, dan bacaan anak melalui situs NDBF. Selain buku fisik, NDBF juga menghadirkan e-book yang akan mengisi bazar buku online tahun ini.

Selain bazar buku oline, rangkaian kegiatan yang ada dalam NDBF 3.0 meliputi bedah buku, workshop, talkshow, hiburan dan lomba.

Untuk informasi selengkapnya mengenai NDBF 3.0 ini khususnya acara GBGTS Heart-to-Heart Conversation with His Holiness Dalai Lama XIV, Anda dapat mengakses ke:

Website: ndbf.lamrimnesia.com/grand-buddha-goes-to-school/
FB: lamrimnesia
IG: lamrimnesia

Narahubung:
Jiji (+62 812 2109 8485)

Bhagavant.com mendorong para pembaca yang hendak berpartisipasi untuk mendapatkan konfirmasi lebih lanjut dari pihak panitia penyelenggara mengenai kegiatan ini.[Bhagavant, 1/8/21, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis:
REKOMENDASIKAN