Indonesia » Seremonial

Peringatan Hari Asalha 2565 Indonesia Tipitaka Chanting Digelar Virtual

Bhagavant.com,
Jakarta, Indonesia – Kegiatan Indonesia Tipiṭaka Chanting dalam rangka memperingati Hari Suci Āsāḷha Pūjā 2565 EB / 2021 digelar secara virtual/daring (online).

Peringatan Āsāḷha 2565 Indonesia Tipiṭaka Chanting Digelar Virtual

Pandemi COVID-19 yang masih berlangsung hingga saat ini membuat berbagai kegiatan dalam memperingati Hari Suci Āsāḷha Pūjā tahun ini kembali dilakukan secara virtual.

Kegiatan memperingati Hari Suci Āsāḷha Pūjā tersebut di antaranya adalah Puja Bakti Āsāḷha dan Indonesia Tipiṭaka Chanting (ITC) yang digelar oleh Saṅgha Theravāda Indonesia (STI).

Kedua kegiatan tahunan yang biasanya digelar di Candi Agung Borobudur dan Candi Mendut, Jawa Tengah tersebut, untuk kedua kalinya harus digelar secara virtual.

Tahun ini, Puja Bakti Agung Āsāḷha (Āsāḷha Mahāpūjā) 2565 EB dan Indonesia Tipiṭaka Chanting yang diselengarakan oleh Saṅgha Theravāda Indonesia akan diselenggarakan secara daring pada tanggal 23-24 Juli 2021 pukul 07.00-21.00 WIB (seharian penuh), melalui kanal YouTube Medkom Sangha Theravada Indonesia dan Zoom Meeting (untuk beberapa kegiatan).

Seperti yang dilansir dari Facebook Medkom Sangha Theravada Indonesia, kegiatan yang akan dilangsungkan selama tanggal pelaksanaan tersebut meliputi:

• Pembacan paritta dan Meditasi pagi
• Pembacaan Sutta, dilanjutkan dengan ulasan sutta oleh beberapa Bhikkhu pengulas.
• Mengenal lebih dekat Candi-candi Buddhis dan Vihāra-vihāra di Indonesia
• Dhammasākacchā interaktif melalui Zoom Meeting, dan ditayangkan secara langsung di kanal YouTube Medkom STI.
• Live Virtual Tour dari Sarnath (Taman Rusa Isipatana), India, melalui Zoom Meeting dan ditayangkan secara langsung di kanal YouTube Medkom STI.
• Puja Bakti Agung Asadha 2565/2021 (Dhammadesana Ytm. Sri Paññavaro Mahāthera)
• Dan beberapa kegiatan lainnya yang akan ditayangkan secara langsung.

Indonesia Tipiṭaka Chanting adalah kegiatan melantunkan atau melafalkan khotbah-khotbah (sutta-sutta) dalam Kitab Suci Tipitaka secara massal oleh para bhikkhu dan umat Buddhis di Indonesia.

Kegiatan melantunkan atau melafalkan khotbah-khotbah (sutta-sutta) dalam Kitab Suci Tipitaka secara massal juga telah dilakukan secara internasional di Bodh Gaya oleh International Tipitaka Chanting Council. Tujuan awal dari kegiatan ini adalah untuk menghidupkan kembali kegiatan pengulangan ajaran Buddha yang dilakukan setiap hari di Vihara Mahabodhi Bodh Gaya yang sempat mati suri sejak abad ke-14.

Peringatan Hari Suci Āsāḷha Pūjā (Skt: Āsādha Pūjā), merupakan peringatan hari saat Sri Buddha Gotama untuk kali pertama membabarkan khotbah-Nya di Taman Rusa Isipatana (Sarnath) kepada lima petapa. Pada saat itu Beliau membabarkan khotbah pertama-Nya yang dikenal dengan nama “Khotbah Mengenai Pemutaran Roda Dhamma” (Pali: Dhammacakkappavattana Sutta; Skt: Dharmacakrapravartana Sūtra).[Bhagavant, 17/7/21, Sum]

Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN