Afghanistan » Arkeologi

Arkeolog Temukan Stupa Buddhis di Shewaki, Kabul

Bhagavant.com,
Kabul, Afghanistan – Delapan stupa kecil serta benteng, dinding dan 176 artefak lain peninggalan zaman Buddhis telah ditemukan di Shewaki, Kabul Afghanistan.

Arkeolog Temukan Stupa Buddhis di Shewaki, Kabul
Para arkeolog telah menemukan peninggalan baru yang berasal dari zaman Buddhis di daerah Shewaki di bagian timur kota Kabul. Foto: tolonews.com

“Saat kami mulai penggalian, stupa ini sudah rusak di beberapa sisi, rusak parah di sekelilingnya, bagian atas stupa rusak parah dan bagian bawahnya ada di bawah tanah,” kata Wahid Rahimi, seorang arkeolog seperti yang dilansir Tolo News, Rabu (7/7/2021).

Sebuah tim yang terdiri dari sembilan arkeolog datang ke tempat penemuan tersebut dua tahun lalu dan sejauh ini mereka telah menyelesaikan 50 persen dari penggalian mereka.

80 ahli lainnya berkontribusi pada pekerjaan renovasi di situs bersejarah tersebut.

Menurut para arkeolog, peninggalan kuno dari zaman Buddhis yang ditemukan di Kabul, Jalalabad dan Laghman menunjukkan bahwa daerah tersebut pernah menjadi bagian dari peradaban Gandhara.

Gandhara adalah pusat utama peradaban Buddhis selama 1.000 tahun dari mana Agama Buddha menyebar ke Tiongkok, Korea, Sri Lanka, dan Asia Tengah.

“Agama Buddha telah eksis di Afghanistan selama 1.000 tahun,” kata Noor Aqa Noori, kepala departemen arkeologi Kementerian Informasi dan Kebudayaan Afghanistan.

Kementerian Informasi dan Kebudayaan baru-baru ini memasukkan situs bersejarah Shewaki ke dalam zona budaya Kabul. Kawasan ini diharapkan dapat menjelma menjadi pusat utama bagi pengunjung di tahun-tahun mendatang.

Para arkeolog mengatakan bahwa pemerintah harus mendokumentasikan situs bersejarah negara itu sebelum dirusak. Hal ini mengingat dihancurkannya rupaka Buddha raksasa Bamiyan oleh kelompok muslim radikal Taliban pada tahun 2001.[Bhagavant, 10/7/21, Sum]

Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN