Asia Tenggara » Seremonial » Singapura

Singapura Lakukan Puja Bakti Vesak 2565 Secara Online

Bhagavant.com,
Singapura – Pandemi COVID-19 yang belum berakhir di Singapura, membuat kegiatan Hari Raya Vesak 2565 EB pada Rabu (26/5/2021) kembali harus diperkecil dan dialihkan secara online.

Singapura Lakukan Puja Bakti Vesak 2565 Secara Online
Foto: Google

Sebelum pandemi, saat Hari Vesak, akan terlihat banyak umat Buddhis yang berduyun-duyun ke vihara-vihara, melakukan puja bakti dan persembahan.

Tahun lalu, pada hari Vesak, Singapura sedang dalam periode pemutusan (circuit breaker) wabah sehingga perayaan hari besar umat Buddhis tersebut harus diredam.

Sehubungan dengan langkah-langkah menjaga jarak yang aman tahun ini, Federasi Buddhis Singapura (Singapore Buddhist Federation – SBF) telah membuat live stream Hari Vesak 2565 EB untuk para umat sehingga mereka dapat melihat puja bakti dan kegiatan dari jarak jauh pada hari Rabu.

Menteri Kebudayaan, Komunitas dan Pemuda Edwin Tong mengunjungi federasi tersebut di tempatnya di Geylang pada hari Minggu (23/5/2021).

Dalam sebuah posting Facebook, dia mengatakan dia telah berkunjung untuk menjelaskan situasi saat ini kepada federasi dan berterima kasih kepada mereka atas pengertian dan kepemimpinan mereka.

Umat Buddhis Singapura melakukan “San By Yi Bai” di Stadion Bukit Gombak, Singapura, pada malam Vesak, (18/5/2019). Foto: straitstimes.com

“Pada Hari Vesak biasa pada umumnya ribuan umat Buddhis mengunjungi vihara-vihara, terlibat dalam puja bakti dan persembahan, melakukan prosesi tiga langkah, satu sujud (san bu yi bai – red), upacara Transfer Cahaya, dan pemandian (rupaka) Pangeran Siddhartha. Namun, tahun ini, kegiatan ini akan dilakukan lagi-lagi harus diperkecil dan juga dipindahkan secara online,” ucapnya seperti yang dilansir The Straits Times, Minggu (23/5/2021).

“Saya tahu banyak masyarakat mencari kenyamanan dalam agama, dan saya berharap kita dapat mengatasi serentetan infeksi baru-baru ini, dan melanjutkan kembali beberapa acara komunitas.”

“Yang Mulia Seck Kwang Phing, ketua Federasi Buddhis Singapura, menunjukkan kepada saya pengaturan live streaming mereka, yang dibuat oleh generasi milenial mereka. Sekarang para umat dapat melihat live streaming dari mereka yang melakukan puja dan aktivitas, atau menonton dan berpuja dengan rekaman layanan puja sesuai kenyamanan mereka.”

Mereka yang ingin melihat streaming dapat mendaftar melalui halaman federasi di Facebook atau melalui situs webnya.[Bhagavant, 24/5/21, Sum]

Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN