Asia Oseania » Asia Tenggara » Gender » Gerakan Buddhis » Sosial » Vietnam » Wanita Buddhis

Konferensi Wanita Buddhis Internasional di HCM

Minggu, 13 Desember 2009

Buddhisme di Asia PasifikVovnews,
Ho Chi Minh, Vietnam – Sekitar 1.700 bhiksuni dan tokoh Buddhis dari seluruh dunia akan menghadiri Konferensi Wanita Buddhis Internasional ke-16 yang diadakan di Kota Ho Chi Minh dari tanggal 28 Desember 2009 sampai 3 Januari 2010.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Sangha Buddhis Vietnam (VBS) dengan dukungan dari Pemerintah Vietnam dan Asosiasi Internasional Wanita Buddhis (Sakyadhita).

Kepala Bhiksuni Thich Nu Tinh Hanh, yang bertanggung jawab atas urusan para bhiksuni di VSB mengatakan bahwa lebih dari 300 delegasi dari 47 negara dan wilayah telah terdaftar untuk mengambil bagian dalam acara tersebut.

Beliau mengatakan bahwa konferensi tersebut akan meninjau prestasi-prestasi Buddhis dan sumbangsih dari para bhiksuni, menggalang persahabatan dan mendorong para delegasi untuk berbagi pengalaman dan memberikan ide-ide baru. Konferensi ini akan memperhatikan peran kepemimpinan pada organisasi-organisasi wanita Buddhis dalam mengurangi kemiskinan, mencegah kekerasan dan melindungi lingkungan hidup.

Para anggota Sakyadhita akan berkomitmen untuk memberikan bantuan kepada para wanita Buddhis, aktivis sosial, dan organisasi-organisasi kemasyarakatan, khususnya dalam pembelajaran dan penerbitan buku-buku.

Dalam tema Keunggulan Para Wanita Buddhis, konferensi tersebut akan memberikan penghargaan kepada para tokoh dan bhiksuni untuk kontribusi mereka dalam menyebarkan ajaran Buddha dan keterlibatan dalam masalah sosial.

Akan ada 13 topik dan 18 sub-topik yang akan didiskusikan dalam konferensi tersebut, memfokuskan pada peranan wanita Buddhis dalam mencegah berbagai konflik dan kekerasan, mempromosikan dialog antar kebudayaan dan membangun perdamaian di seluruh dunia.

Konferensi yang dilakukan setiap dua tahun tersebut telah diadakan di 10 negara sejak tahun 1987.

Kata kunci: , ,
Penulis:

REKOMENDASIKAN: