Sri Lanka » Teknologi

Sri Lanka Resmikan Digitalisasi Saluran TV Buddhis Pertama

Senin, 17 Februari 2020

Bhagavant.com,
Kolombo, Sri Lanka – Saluran televisi Buddhis pertama di Sri Lanka mulai melakukan proses digitalisasi pada Senin (17/2/2020) dengan dukungan pemerintah Sri Lanka.

Resmikan Digitalisasi Saluran TV Buddhis Pertama
Maha Vihara Sri Sambodhi, Kolombo, sebagai kantor pusat saluran The Buddhist TV. Foto: Google Maps

The Buddhist TV, sebuah saluran TV pertama yang didedikasikan untuk menyebarkan ajaran dan filosofi Buddhis di Sri Lanka melakukan digitalisasi penyiarannya di bawah dukungan Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa.

Peresmian digitalisasi tersebut dilakukan di Maha Vihara Sri Sambodhi, Kolombo, sebagai kantor pusat saluran The Buddhist TV.

Bersamaan dengan itu, seperti yang dilansir situs web media Presiden Sri Lanka, Senin (17/2/2020), sebuah puja persembahan obat-obatan diselenggarakan untuk meberikan berkat kepada Presiden Rajapaksa.

Setelah itu, Presiden Sri Lanka terlibat dalam puja yang diselenggarakan di bawah bimbingan Y.M. Boralande Vajiragnana Thera, Ketua Maha Vihara Sri Sambodhi dan sebagai Direktur jaringan The Buddhist TV .

Presiden Rajapaksa ikut serta dalam diskusi yang berfokus pada pengembangan bangunan vihara tersebut yang diikuti oleh sebuah acara untuk memberikan hadiah bagi siswa yang memperlihatkan pertunjukan khusus di sekolah Dhamma.

Para menteri dan sejumlah pejabat juga menghadiri peresmian digitalisasi tersebut.

The Buddhist yang merupakan saluran televisi Buddhis pertama di Sri Lanka didirikan dan dikepalai oleh Y.M. Daranagama Kusaladhamma Thera.

Saluran ini resmi diluncurkan pada 29 Juni 2007 oleh Presiden Mahinda Rajapaksa, Ketua Mahkamah Agung Sarath N. Silva dan Ketua Sangha Tradisi Asgiriya di Sri Lanka.

Studio saluran Buddhis tersebut terletak di Maha Vihara Sri Sambodhi yang terletak di Jalan Gregory, Kolombo 7, Sri Lanka. The Buddhist TV tersedia di layanan langsung televisi satelit Sri Lanka Dialog TV dan Dish TV. Layanan ini juga beroperasi di PEO TV dan TV kabel.

Tujuan saluran ini adalah untuk menyiarkan program agama dan budaya yang berharga dalam tiga bahasa utama yaitu Sri Lanka, Inggris, Sinhala, dan Tamil.[Bhagavant, 17/2/20, Sum]

Kata kunci:
Penulis: