Sri Lanka

Pesan Vesak 2012 Presiden Sri Lanka

Sabtu, 5 Mei 2012

Buddhisme di Sri LankaBhagavant.com,
Colombo, Sri Lanka – Presiden Sri Lanka, Mahinda Rajapaksa, memberikan pesan Vesak kepada umat Buddha di Sri Lanka. Berikut pesan Vesak Presiden Sri lanka yang dilansir oleh Daily News, Sabtu (5/5).

“Kita sangat bersuka cita melihat Buddhis Sri Lanka memberikan penekanan pada prinsip-prinsip Buddhisme dengan memulai Sri Sambuddhathva Jayanthi pada festival Vesak tahun lalu. Dengan kesenangan yang luar biasa pada perenungan terhadap Sang Buddha, kita mengingat kembali kebangkitan pengabdian dan kebijaksanaan agama besar yang menyebar ke seluruh Sri Lanka selama tahun ini, seperti yang kita lihat sekarang di akhir dari perayaan Sambuddha Jayanthi di Hari Vesak kali ini. Adalah harapan kita bahwa kebahagiaan dalam Sang Buddha dan ajaran-Nya ini dapat tingga; di dalam pikiran seluruh rakyat Sri lanka.

Ajaran Sang Buddha adalah cara terbaik untuk menjalani hidup yang bebas dari kekacauan. Ajaran ini menunjukkan kepada kita jalan untuk menjalani hidup bebas dari empat faktor kejahatan dan mencapai kesuksesan di dunia ini dan yang akan datang.

Kita perlu menyadari bahwa semua yang memiliki pikiran dan berpikir salah menyebabkan banyak perpecahan dan perselisihan yang menutup pintu untuk kemajuan kita. Seperti yang dinyatakan dalam Dhammapada:

“Attana hi katam pipam, attana samkilissati
attana akatam papam, attanava visujjhati
suddhi asuddhi paccattam, nanno annanam visodhaye.”

“Oleh diri sendiri kejahatan dilakukan, oleh diri sendiri seseorang menjadi suci.
Suci atau tidak suci tergantung pada diri sendiri. Tak seseorang pun yang dapat menyucikan orang lain.”

Oleh karena itu, marilah kita pada masaVesak ini membuka jalan bagi kesuksesan di dunia ini dan yang akan datang, dengan menghindari semua perselisihan dan perpecahan dan membuat sebuah komitmen untuk persatuan nasional dan kehidupan berkeagamaan yang saling berdampingan dengan melihat cahaya sejati dari ajaran-ajaran Buddhis.

Semoga anda mendapatkan berkah dari Samma Sambuddha![Bhagavant, 5/5/12, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis: