Thailand » Travel

Festival Bola Api Naga di Akhir Masa Vassa di Thailand

Selasa, 15 Oktober 2019

Bhagavant.com,
Nong Khai, Thailand – Kota Nong Khai ramai dengan pengunjung yang pergi ke tempat-tempat wisata dan vihara-vihara penting di provinsi ini.

Festival Bola Api Naga di Nong Khai, Minggu (13/10/2019). Foto: Youtube

Banyak dari masyarakat telah memesan tempat di sepanjang tepi sungai Mekong yang merupakan titik pandang utama untuk Festival “Bola Api Naga” (Thailand: บั้งไฟพญานาค – Bang Fai Phỵa Nak).

Pusat lokasi tontonan bola api Naga yang populer berada di distrik Phon Phisai dan Rattanawapee. Terutama di depan vihara di kotamadya Kecamatan Phon Phisai.

Ada juga arus wisatawan yang mengunjungi tempat-tempat wisata, mengambil foto dan melakukan kebajikan. Banyak dari mereka tinggal di hotel, rumah tinggal, sekolah dan vihara agar siap untuk melihat fenomena “bola api Naga”.

Di distrik Muang Nong Khai, akhir Masa Vassa (Hari Pavarana) dan Festival Bola Api Naga sedang dirayakan. Acara ini menampilkan berbagai pertunjukan budaya di malam hari setiap hari dari 10-16 Oktober 2019.

Fenomena bola api Naga terjadi setiap tahun pada hari ke 15 Bulan Purnama di bulan ke-11 penanggalan Thailand. Tahun ini, jatuh pada 13 Oktober 2019.

Kisah Festival Bola Api Naga Nong Khai

Sebuah fenomena bola api spektakuler muncul di Sungai Mekong setiap tahun dikelilingi oleh misteri dan intrik. Beberapa masyarakat juga percaya lontaran bola api itu merupakan bola api dari Naga – makhluk setengah manusia dan setengah makhluk ular yang dikatakan tinggal di Sungai Mekong.

Menurut kisahnya, makhluk Naga ikut merayakan akhir Masa Vassa (retret musim hujan) para bhikkhu dengan menyemburkan bola api ajaib ke langit.

Kisah tersebut bercampur dengan promosi wisata yang akhirnya menarik wisatawan setiap tahunnya. Para wisatawan akan melihat tembakan seperti bola api ke langit di atas sungai yang mengalir antara Thailand dan Laos tersebut, bersama dengan kembang api dan pertunjukan cahaya.

Teori ilmiah mengatakan bahwa bola api tersebut adalah gas metana dari bawah tanah yang mengapung ke permukaan Sungai Mekong dan kemudian terbakar di udara.

Bola api tersebut biasanya muncul di atau sekitar hari ke-15 dari bulan ke-11 penanggalan Thailand.[Bhagavant, 15/10/19, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis: