Asia Selatan » India » Seremonial

Vesak 2563 EB Dirayakan di Mahavihara Mahabodhi India

Minggu, 19 Mei 2019

Bhagavant.com,
Bihar, India – Hari Vesak 2563 EB dirayakan oleh umat Buddhis di Mahavihara Mahabodhi, Bodh Gaya, Bihar, India pada Sabtu (18/5/2019).

Prosesi kirab Buddha Jayanti atau Hari Vesak 2563 menuju Mahavihara Mahabodhi, Bodh Gaya, India, Sabtu (18/5/2019). Foto: IANS

Hari suci yang sering disebut sebagai Buddha Jayanti atau Buddha Purnima di negara-negara Asia Selatan ini dirayakan dengan semangat keagamaan dan antusiasme seperti biasanya di Bodh Gaya, tempat di mana Sri Buddha mencapai Pencerahan.

Seperti yang dilansir Greater Jammu, Sabtu (18/5/2019), sekretaris Sangha Bhikkhu Seluruh India (Akhil Bharatiya Bhikshu Sangha) Y.M. Pragyadeep mengatakan sebuah shobhayatra atau prosesi perayaan diadakan dari rupaka Maha Buddha setinggi 80 kaki (24,3 meter) yang terletak di Bodh Gaya.

Mahavihara Mahabodhi
Mahavihara Mahabodhi, Bodh Gaya, India, Sabtu (18/5/2019). Foto: IANS

Setelah melewati berbagai jalan, prosesi tersebut berakhir di Mahavihara Mahabodhi, sebuah warisan dunia UNESCO.

Dalam menyambut Hari Vesak, Mahavihara Mahabodhi dihiasi dengan bunga-bunga warna-warni dan ornamen bendera-bendera Buddhis.

Para umat yang berpartisipasi dalam shobhayatra tersebut melakukan puja bakti khusus di area paling suci di Mahavihara Mahabodhi dan bermeditasi di bawah Pohon Bodhi yang suci, tempat di mana Sri Buddha mencapai Pencerahan.

Bersatu. Prosesi kirab Buddha Jayanti atau Hari Vesak 2563 menuju Mahavihara Mahabodhi, Bodh Gaya, India, Sabtu (18/5/2019). Foto: IANS

Y.M. Pragyadeep mengatakan bahwa para guru agama dan para umat dari beberapa negara seperti Nepal, Sri Lanka, Jepang, dan Bhutan menghadiri shobhayatra tersebut untuk merayakan “Trividha Jayanti” (Tiga Kemenangan/Peringatan) untuk memperingati kelahiran, pencerahan, dan ‘mahaparinirvana’ (wafat) Sri Buddha pada hari yang sama.

Y.M. Pragyadeep mengatakan beberapa peristiwa dalam kehidupan Sri Buddha digambarkan melalui berbagai program. Para guru agama akan melakukan dorongan-dorongan spiritual dengan menambahkan pesan-pesan Sri Buddha yang bahkan relevan pada saat ini di dunia.

Para bhikku di Mahavihara Mahabodhi, Bodh Gaya, India, Sabtu (18/5/2019). Foto: IANS

Sedangkan di Patna, para bhikkhu dari Bodh Gaya Temple Management Committee (BTMC), Rajgir dan Vaishali melakukan layanan puja bakti di Stupa Karuna di Taman Buddha Smriti mulai pukul 10 pagi. Kemudian, para bhikkhu mengadakan sesi puja di dekat Pohon Bodhi yang telah ditanam dari Sri Lanka, Shravasti (Uttar Pradesh) dan Bodh Gaya.

Non-Buddhis juga rayakan Vesak

Perayaan Hari Vesak di India tidak hanya dirayakan oleh umat Buddha. Umat Hindu di Varanasi, Prayagraj, dan Gaya merayakan Hari Vesak dengan puja bakti massal dan berendam di Sungai Gangga untuk memperingati Sri Buddha, yang dianggap sebagai inkarnasi kesembilan dari Dewa Wisnu.

Vaishaka Purnima atau Buddha Purnima dirayakan pada hari Bulan Purnama (Purnima), di bulan Vaisakha, menurut kalender India kuno yang juga digunakan oleh Agama Hindu.

“Penting untuk menyumbangkan makanan dan uang kepada orang miskin pada kesempatan Buddha Purnima yang baik ini. Menurut buku-buku suci dengan mandi di sungai suci di Buddha Purnima, Dewi Bhagawati akan memberkati para umat dengan keselamatan,” kata Anand Prakash Diwedi, seorang umat Hindu, seperti yang dilansir ANI, Sabtu (18/5/2019).[Bhagavant, 19/9/19, Sum]

Kata kunci: , ,
Penulis: