Asia Selatan » Seremonial

Buddhis Nepal Rayakan Vesak 2563 EB di Lumbini

Minggu, 19 Mei 2019

Bhagavant.com,
Kathmandu, Nepal – Buddha Jayanti atau Hari Vesak, dirayakan oleh masyarakat Buddhis di seluruh negara Asia Selatan termasuk Nepal pada hari Sabtu (18/5/2019) dengan menyelenggarakan berbagai program.

Vesak 2563 di Lumbini
PM. Nepal KP Sharma Oli ikut dalam pawai Buddha Jayanti (Vesak) 2563 di Lumbini. Foto: thehimalayantimes.com

Seperti yang dilansir The Himalayan Times, Sabtu (18/5/2019), Hari Vesak, juga dikenal sebagai Buddha Purnima, jatuh pada Baishakh Shukla Purnima (Purnama Vaisakha) sesuai kalender lunar Nepal, yang merupakan hari Bulan Purnama.

Pada hari Sabtu (18/5), masyarakat Buddhis mengunjungi vihara-vihara dan tempat-tempat suci termasuk ke Vihara Maya Devi di Lumbini untuk memberikan penghormatan kepada Sri Buddha, yang merupakan simbol perdamaian.

Seperti yang telah diketahui, Buddha Gautama (Pali: Gotama), juga dikenal sebagai Siddhartha Gautama, dilahirkan sebagai seorang pangeran dari Raja Suddhodana dari Dinasti Shakya di Tilaurakot – yang terletak di Kapilvastu, Nepal – dan dari Ratu Maya Devi.

Ratu Maya Devi melahirkan Pangeran Siddhartha di Lumbini, saat dalam perjalanan ke rumah orang tuanya di Devadaha, yang berada di distrik Rupandehi di Nepal.

Pemandangan Vihara Maya Devi, Lumbini tahun 2018. Foto: thehimalayantimes.com-Sandeep Sen

Pemerintah Provinsi No. 5, di mana Lumbini berada, menyelenggarakan berbagai program di Sabtu untuk memperingatii Buddha Jayanti Ke-2563, juga merupakan awal “Visit Lumbini Year 2076 BS” (Tahun Kunjungan Lumbini 2020). BS sendiri merupakan singkatan dari Bikram Samvat, kalender resmi Nepal. Kalender Bikram Samvat memiliki selisih 56,7 tahun lebih maju dari kalender Masehi internasional.

Untuk merayakan kesempatan ini, Perdana Menteri Nepal KP Sharma Oli tiba di Lumbini pada Jumat (17/5/2019) malam untuk berpartisipasi dalam acara yang direncanakan untuk hari itu. Perdana Menteri juga mengunjungi kompleks di Tilaurakot tersebut dan menyalakan pelita.

Sementara itu Presiden Nepal Bidya Devi Bhandari menghadiri berbagai program acara di Sabtu malam.

Menurut Lumbini Development Trust, Presiden Bhandari sebagai tamu utama dalam acara tersebut datang untuk secara resmi membuka “Visit Lumbini Year 2076″ yang akan diumumkan oleh pemerintah Provinsi No. 5.

Demikian juga, menurut Lila Giri, Menteri Industri, Pariwisata, Hutan dan Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi No.5, Perdana Menteri Oli melakukan puja bakti khusus di Vihara Maya Devi, memimpin pawai damai, menanam pohon, mengibarkan bendera nasional, dan mempersembahkan makanan kepada para bhikkhu.[Bhagavant, 19/5/19, Sum]

Kata kunci: , , ,
Penulis: