Amerika Serikat » Sains

NASA Ungkap Ada Fenomena Bulan Biru saat Vesak 2563

Sabtu, 18 Mei 2019

Bhagavant.com,
Washington, D.C., Amerika Serikat – Fenomena Bulan Biru atau Blue Moon akan muncul pada Minggu (19/5/2019).

Fenomena Bulan Biru tidak terkait dengan warna Bulan

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengungkapkan tentang keberadaan fenomena Bulan Purnama Biru di Hari Tisuci Vesak 2563 EB/2019.

Bulan Purnama Biru merupakan pertunjukkan astronomi yang memukau, terkait dengan orbit Bulan yang tidak teratur terhadap Bumi. Fenomena Bulan Biru hanya muncul kira-kira sekali setiap dua tahun. Dan ketika itu terjadi, para pengamat astronomi bersemangat menyambut kedatangannya.

Besok (19 Mei), fenomena Bulan Purnama Biru akan pada puncaknya pada jam-jam subuh selama fase penuh Bulan. Ketika ini terjadi, sekitar pukul 04.11 WIB Bulan akan berhadapan langsung dengan Matahari.

Meskipun disebut dengan Bulan Biru, tapi hal ini tidak terkait dengan penampakan warna dari Bulan Purnama itu sendiri.

Kali ini, kita akan menyaksikan kedatangan Bulan Biru musiman, yang merupakan Bulan Purnama ketiga dari empat Bulan Purnama dalam satu musim kalender.

Bulan Biru kali ini cukup langka karena berikutnya tidak akan muncul hingga Agustus 2022.

NASA mengungkapkan bahwa fenomena Blue Moon ini datang bersamaan dengan peringatan Hari Tisuci Vesak.

“Bulan Purnama ini berhubungan dengan Vesak, juga dikenal sebagai Buddha Purnima, hari suci – menurut Wikipedia – ‘yang diperingati secara tradisional oleh para umat Buddha di Nepal, Sri Lanka, Tibet, Bangladesh, Bhutan, India, dan negara-negara Asia Tenggara Singapura, Vietnam, Thailand, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, dan Indonesia,” kata Gordon Johnston dari NASA seperti yang dilansir Express, Jumat (17/5/2019)

“Terkadang secara informal disebut Ulang Tahun Buddha, tapi itu sebenarnya memperingati kelahiran, pencerahan, dan wafatnya Buddha Gautama.”

“Tanggal sebenarnya dari Vesak bervariasi tergantung pada kalender lunar yang digunakan di negara atau wilayah tertentu, tetapi tahun ini untuk sebagian besar wilayah itu jatuh pada atau dekat hari Bulan Biru ini.”

Tahun 2019 ini, Hari Tisuci Vesak 2563 EB di Indonesia sendiri memang jatuh pada 19 Mei 2019, dengan Detik-detik Vesak pada pukul 04.11.00 WIB.[Bhagavant, 18/5/19, Sum]

Kata kunci: , , ,
Penulis: