Australia » Seremonial

Buddhis Cabramatta Australia Rayakan Vesak 2563

Sabtu, 18 Mei 2019

Bhagavant.com,
New South Wales, Australia – Hari Vesak 2563 EB disambut dan rayakan umat Buddhis di Cabramatta, New South Wales, Australia, dengan 2 upacara pada 2 pekan lalu.

Y.M. Bhiksu Ming Shang menjelaskan mengenai tradisi Yifo
Y.M. Bhiksu Ming Shang menjelaskan mengenai tradisi Yifo (memandikan rupaka Bayi Bodhisattva). Foto: liverpoolchampion.com.au

Perayaan yang dilakukan di dua tempat yaitu di Freedom Plaza Cabramatta dan Vihara Mingyue Lay di Bonnyrigg, mengangkat tema: “Keep blessing the people, keep purifying the mind.”

Salah satu tradisi dalam perayaan Vesak yang telah dilakukan oleh panitia penyelenggara adalah Yifo atau memandikan rupaka Bayi Siddhartha.

Dengan memandikan rupaka tersebut, secara simbolis para simpatisan diajak berusaha keras untuk mencapai pemurnian tubuh dan pikiran serta meminimalkan kekhawatiran dan mengurangi stres.

Vihara Mingyue Lay dan Vihara Prajna telah bekerja bersama untuk menyelenggarakan perayaan Yifo di Cabramatta selama 12 tahun terakhir.

Seperti yang dilansir Champion, Rabu (15/5/2019), perayaan tersebut selalu disambut dan dinikmati oleh umat Buddhis dan masyarakat luas.

Tamu undangan VIP mengikuti tradisi pemandian rupaka Bodhisattva
Tamu undangan VIP mengikuti tradisi pemandian rupaka Bodhisattva di Vihara Mingyue Lay,
New South Wales, Australia. Foto: liverpoolchampion.com.au

Pada tanggal 4 Mei, di Freedom Plaza, Walikota Fairfield Frank Carbone, anggota parlemen termasuk anggota parlemen federal Fowler Chris Hayes, anggota parlemen federal Werriwa Anne Stanley, anggota parlemen negara bagian Cabramatta, Nick Lalich dan anggota dewan perwakilan negara bagian Guy Zangari, sertaapra petugas tugas kepolisian Cabramatta, Inspektur Mark Christi dan para pemimpin masyarakat menghadiri dan mendukung upacara tersebut.

Para bhiksu senior melakukan puja dan pemberkatan dalam bahasa Mandarin dan Vietnam.

Sepanjang hari itu dan selama dua hari berikutnya, penduduk dan pengunjung dari daerah lain terus memadati alun-alun dan berbaris untuk memandikan rupaka Bodhisattva.

Kawasan pusat bisnis Cabramatta dipenuhi dengan harapan dan kebahagiaan spiritual.

Melanjutkan perayaan, Vihara Mingyue Lay mengundang para tamu VIP untuk bergabung dengan upacara Yifo di vihara tersebut pada 11 Mei lalu.[Bhagavant, 18/5/19, Sum]

Kata kunci: , ,
Penulis: