Amerika Serikat

Berikut Pesan Vesak 2563 EB/2019 Sekjen PBB António Guterres

Kamis, 9 Mei 2019

Bhagavant.com,
New York, Amerika Serikat – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Selasa (7/5/2019) menyampaikan pesan Hari Vesak 2563 EB.

Pesan Vesak PBB
Perserikatan Bangsa-Bangsa

Pesan tersebut sekaligus ditujukan untuk acara peringatan Hari Vesak PBB (United Nations Day of Vesak – UNDV) Ke-16 yang akan diselenggarakan pada 12-14 Mei 2019 di Tam Chuc International Buddhist Convention Center, Provinsi Ha Nam, Vietnam.

Dalam pesan singkatnya tersebut Guterres mendesak masyarakat dunia untuk mengambil inspirasi dari ajaran Buddha di tengah tumbuhnya intoleransi dan ketidaksetaraan.

Berikut pesan Vesak 2563 EB/2019 dari Sekjen PBB António Guterres dalam pesannya bernomor SG/SM/19568-OBV/1879 yang bertanggal 1 Mei 2019.

Saya menyampaikan harapan terbaik untuk semua dalam merayakan Vesak, sebuah peristiwa sakral bagi jutaan orang di seluruh dunia.

Pada tanggal ini memperingati kelahiran, pencerahan, dan wafatnya Sri Buddha, kita semua, Buddhis maupun non-Buddhis sama-sama, dapat merenungkan kehidupan-Nya dan mengambil inspirasi dari ajaran-Nya.

Dalam suatu masa meningkatnya intoleransi dan ketidaksetaraan, pesan Buddha tentang anti-kekerasan dan pelayanan kepada orang lain lebih relevan dari sebelumnya.

Pada Hari Vesak ini, marilah kita memperbarui komitmen kita untuk membangun dunia yang damai dan bermartabat bagi semua.

Terima kasih.

Hari Vesak telah diakui sebagai Hari Internasional oleh Majelis Umum PBB dengan resolusi No. A/RES/54/115 pada 15 Desember 1999.

Dan sejak itu kantor-kantor PBB dan juga UNESCO merayakan Hari Vesak PBB tersebut.

Untuk tahun 2019 ini perayaan Hari Vesak PBB yang memasuki tahun ke-16 mengangkat tema utama: “Buddhist Approach to Global Leadership and Shared Responsibilities for Sustainable Societies” (Pendekatan Buddhis untuk Kepemimpinan Global dan Tanggung Jawab Bersama untuk Masyarakat Berkelanjutan).[Bhagavant, 9/5/19, Sum]

Kata kunci: , , ,
Penulis: