Meditasi » Seni dan Budaya

Imlek, Plum Village Ajak Berkesadaran dengan Syair Berpasangan

Senin, 4 Februari 2019

Bhagavant.com,
Hanoi, Vietnam – Salah satu tradisi Tahun Baru Imlek di Vietnam adalah membuat dan memasang syair berpasangan yang biasanya diletakkan di depan pintu.

Syair Berpasangan
Syair Berpasangan “Harmony in our Home” – “Joy in the World”

Tahun Baru Imlek atau dalam bahasa Vietnam disebut Tết, juga dirayakan oleh komunitas Sangha Plum Village di Vietnam. Dan setiap tahunnya komunitas yang didirikan oleh Master Zen Y.M. Thich Nhat Hanh tersebut menggunakan syair berpasangan (Mandarin: 对联 – duìlián) dalam sastra Tionghoa untuk praktik meditasi berkesadaran.

Tahun ini mereka mengumumkan syair baru untuk praktik berkesadaran dalam rangka merayakan Tahun Baru Imlek. Syair tersebut dapat dicetak dan tempelkan di dinding sebagai pengingat untuk melatih berkesadaran.

“Syair berpasangan tersebut dapat dikombinasikan dengan pernapasan kita. Sebagai contoh, kita dapat merenungkan “Harmoni di Rumah Kita” ketika kita menarik napas, dan merenungkan “Suka Cita di Dunia” saat kita menghembuskan napas. Kata-kata ini bukan deklarasi, tetapi aspirasi hidup yang ingin kita pelihara,” jelas komunitas tersebut dalam bderita di situs web Plum Village, Kamis (31/1/2019).

Di pusat latihan Plum Village di seluruh dunia, kaligrafi (dalam bentuk wajik) dicetak, ditempelkan ke kartu berwarna, dan menyematkannya di ruang makan, ruang meditasi dan tempat tinggal dalam persiapan untuk merayakan Tahun Baru Imlek. Mereka juga menggantung (dengan bantuan benang kapas kecil) kaligarafi tersebut di ruangn tidur mereka.

Tradisi kuno, diperbarui secara kreatif

Syair berpasangan untuk Tahun Baru adalah tradisi kuno di Asia, terutama di Vietnam dan Tiongkok. Seringkali syair tersebut menggunakan kertas merah ditempelkan di kusen pintu, ambang pintu, dan bahkan alat pertanian untuk membawa keberuntungan untuk tahun yang akan datang. Kaligrafi oleh para guru spiritual sangat populer. Syair berpasangan tradisional yang ditulis dalam huruf Tionghoa adalah sebuah seni yang sangat bagus.

Y.M. Thich Nhat Hanh telah menciptakan sebuah tradisi, pada malam Tahun Baru Imlek, yang memberikan kepada komunitasnya bait syair sederhana dalam kaligrafi yang dapat menginspirasi dan memelihara praktik berkesadaran. Inovasi Y.M. Thich Nhat Hanh tersebut telah menciptakan syair berpasangan dalam bahasa Inggris, Perancis, dan Vietnam (bukan dalam karakter Tionghoa).

Komunitas Plum Village mengajak masyarakat untuk mempraktikkan berkesadaran dengan syair berpasangan ini.

“Anda dapat mencetak dan menempelkan syair berpasangan tersebut di lemari es, pintu, atau di dekat sakelar lampu sebagai pengingat yang baik untuk memperhatikan pesan tersebut, dan memperbarui diri dengan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Anda bisa berkreasi dengan cara dan di mana melekatkannya dan melatih kalimat tersebut. Anda dapat melekatkannya di bingkai pintu saat Anda melangkah keluar untuk menghadapi hari Anda, atau bahkan di cermin kamar mandi,” jelasnya.

“Di Plum Village, kami selalu melekatkan dua wajik pelengkap sebagai pasangan, berdekatan satu sama lain (di atas, di bawah, di samping – tidak masalah yang mana) – biasanya di pintu, jendela atau dinding.”

Kaligrafi yang ditulis oleh Y.M. Bhiksu Phap Huu diharapkan dapat menjadi inspirasi dan nutrisi Tahun Baru Imlek kali ini bagi Anda dan orang yang Anda kasihi.

Anda dapat mengunduh kaligrafi tersebut dalam bahasa Inggris dengan mengakses di sini (File PDF).[Bhagavant, 4/2/19, Sum]

Kata kunci:
Penulis: