Pendidikan » Sosial

Jangan Lewatkan Nusantara Dharma Book Festival 2019

Senin, 28 Januari 2019

Bhagavant.com,
Jakarta, Indonesia – Ingin menemukan dan membaca buku-buku yang menarik dan berkualitas seputar ajaran Agama Buddha sehingga dapat memahami Dharma dengan lebih baik?

Nusantara Dharma Book Festival 2019

Sebuah bazar buku di dalam sebuah festival bertajuk Nusantara Dharma Book Festival 2019 di Jakarta, bisa jadi merupakan kesempatan Anda untuk menemukan buku-buku Dharma yang menarik dan sesuai dengan Anda.

Festival yang akan berlangsung pada 23–24 Februari 2019 ini merupakan perhelatan pameran buku Dharma dan Nusantara terbesar di Indonesia. Lebih dari 30 penerbit rencananya akan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Mereka tidak hanya menyuguhkan buku-buku Dharma tetapi juga buku-buku yang terkait dengan nilai-nilai spiritual dan Nusantara.

Berlokasi di Waterfront Baywalk Mall Pluit, Jakarta Utara, fesitval ini juga menampilkan beragam program acara seperti talk show, bedah buku, serta pementasan wayang.

Festival ini merupakan salah satu rangkaian program Kampanye Membaca Buku yang diselenggarakan oleh Yayasan Pelestarian dan Pengembangan Lamrim Nusantara bersama dengan mahasiswa dari berbagai universitas.

Dengan tagar #bukabukubukamata kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas-kualitas positif diri dalam masyarakat yang sudah mulai menghilang (contohnya kualitas cinta kasih, kualitas kebijaksanaan, dan lain-lain) dengan melalui pengetahuan dari membaca buku.

“Sehingga masyarakat jaman sekarang, yang semakin mudah tersulut kemarahan, ditipu oleh hoax dan sebagainya dikarenakan kondisi masyarakat yang kurang pemahaman dan malas untuk bernalar, dapat memiliki pemahaman yang semakin luas dan lebih bijaksana dalam bertindak,” kata Syariv V.L., salah satu anggota panitia kampanye tersebut melalui pesannya kepada Bhagavant.com.

Dalam penyelenggaraan festival yang juga dibuka untuk masyarakat umum ini, pihak panitia membebaskan biaya masuk alias gratis.

Ada berbagai hal yang akan Anda temui saat mengunjungi festival tersebut di antaranya:

Bazar Buku

Bazar buku dalam festival tersebut bertujuan untuk memperkenalkan masyarakat kepada buku-buku yang mendukung nilai-nilai luhur Nusantara dan Buddhisme. Pada bazar buku ini, panitia menyediakan 3 jenis stan antara lain: stan buku berbayar, stan buku gratis, dan stan promosi e-book gratis. Membuka stan ini tidak dikenakan biaya terhadap penerbit. Panitia juga berinisiatif untuk menggalang donasi besar-besaran berupa voucher membeli buku berbayar untuk anak-anak SMA sebagai tindakan nyata dalam Kampanye Membaca Buku ini.

Talk Show dan Bedah Buku

Acara ini bertujuan untuk mempromosikan kebiasaan membaca dan meningkatkan minat baca dengan menggelitik rasa ingin tahu terhadap topik dan buku yang diangkat. Talk show dan bedah buku akan dibawakan oleh tokoh publik, baik tokoh umum maupun tokoh Buddhis.

Setidaknya ada 12 pembicara yang akan hadir dalam Talk show dan bedah buku tersebut, di antaranya: Noviana Kusumawardhani (Bude Novi), seorang penulis dan pembaca tarot yang rencananya akan membahas mengenai “Parenting by Reading“; Yasa Singgih, seorang entrepreneur muda yang akan berbicara mengenai “Today Reader Tomorrow Leader“; Y.M. Bhiksu Bhadra Ruci, penulis dan pakar ikonografi Nusantara yang akan membedah buku “Perihal Manusia Buddhis Indonesia” bersama dengan Maria Hartiningsih, seorang jurnalis senior; Iwan Pranoto, yang akan membedah buku “Indonesia di Mata India – Kala Tagore Melawat ke Nusantara”.

Pementasan Wayang
Sebuah pementasan wayang yang menceritakan kisah-kisah Nusantara jaman dahulu dan dikemas dengan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta, untuk membawa peserta ke dalam filosofi-filosofi Nusantara lewat seni pertunjukan yang berumur lebih dari lima abad ini.

Stan Merchandise, Makanan dan Pojok Baca

Selain bazar buku, festival juga akan diramaikan dengan stan-stan merchandise dan makanan. Jadi, Anda akan terhindar dari kelaparan saat menjelajahi stan buku yang ada. Reading coner atau pojok baca juga disedikan oleh panitia untuk para pengunjung.

Beli Voucher Sambil Berdana

Panitia festival juga membuka kesempatan bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam mencerdaskan generasi muda melalui pembelian voucher belanja buku. Dengan membeli voucher belanja buku Anda akan mendapatkan cashback 10% berupa donasi buku bagi generasi muda yang yang membutuhkan.

Anda pun dapat berdana dengan cara berdonasi untuk membiayai aktivitas pengembangan Dharma dalam acara ini. Donasi Anda akan disalurkan untuk:
– 50% Voucher Buku untuk Anda
– 50% Donasi untuk menyokong perkembangan generasi muda untuk rajin membaca, dan menyokong aktivitas Nusantara Dharma Book Festival 2019, yang akan disalurkan untuk pembiayaan pembicara, persediaan sarana gedung, dan keperluan operasional acara dan perlengkapan.

Informasi lengkap mengenai festival termasuk pembelian voucher belanja buku dapat mengakses: lamrimnesia.org/NDBF

Bhagavant.com mendorong para pembaca yang hendak berpartisipasi berdana untuk mendapatkan konfirmasi lebih lanjut dari pihak panitia penyelenggara mengenai kegiatan ini.[Bhagavant, 28/1/19, Sum]

Kata kunci:
Penulis: