Indonesia » Pendidikan » Sosial

Tingkatkan Minat Baca, Organisasi Buddhis Dasasila Bangun Pojok Baca

Jumat, 7 Desember 2018

Bhagavant.com,
Jawa Barat, Indonesia – Tahukah Anda, dengan membaca seseorang dapat mengetahui banyak hal termasuk mengetahui tentang Dhamma (Kebenaran)?

Membangun pojok baca merupakan salah satu upaya meningkatkan minat baca.
Membangun pojok baca merupakan salah satu upaya meningkatkan minat baca. Foto: Dasasila

Saat ini minat baca masyarakat Indonesia sangat rendah dibanding dengan negara lain. Dari 61 negara yang disurvei World’s Most Literate Nations (WMLN) pada tahun 2016 oleh Dr. Jack W. Miller dari Universitas Negeri Connecticut, AS, Indonesia menduduki peringkat ke-60. Dan Thailand sebagai salah satu parameter negara mayoritas Buddhis di Asia Tenggara, hanya menduduki peringkat ke-59.

Untuk meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat khususnya masyarakat Buddhis Indonesia, Dasasila, sebuah organisasi Buddhis menggelar suatu kegiatan sosial terkait hal itu.

Program kegiatan bertajuk: “Teman Dasasila 2” tersebut diselenggarakan di Vihara Dharma Mulia, Desa Jagabaya, Parung Panjang, Bogor, Jawa Barat, pada Kamis (1/12/2018) pekan lalu.

Bekerja sama dengan Komunitas Jelajah Buku, kali ini organisasi Buddhis tersebut menyelenggarakan berbagai kegiatan, yaitu; membangun pojok baca; mengadakan pelatihan smart-parenting, sosialisasi Pendidikan Tinggi, serta mengajarkan alat musik angklung dan kreasi kerajinan.

Acara ini bertujuan untuk mengembangkan potensi masyarakat Buddhis setempat, juga agar dapat meningkatkan minat baca dan semangat anak-anak untuk melanjutkan pendidikan hingga jenjang Pendidikan Tinggi.

“Saya bersyukur bahwa kegiatan di Parung Panjang ini mendapat dukungan yang lebih besar dari berbagai pihak, salah satunya melalui kerja sama dengan Komunitas Jelajah Buku,” kata Yudithia, selaku pendiri dari Dasasila, seperti yang rilis berita yang diterima Bhagavant.com, Sabtu (3/12/2018),

“Melalui pojok baca dan pelatihan edukatif, kami berharap dapat meningkatkan akses ilmu pengetahuan bagi Umat Buddha di pedesaan,” tambahnya.

Teman Dasasila 2 adalah sebuah program kegiatan sosial berkelanjutan yang telah digagas oleh Dasasila sejak Desember 2017, dan diselenggarakan setiap 6 bulan. Pada kegiatan kali ini, Dasasila mengadakan berbagai permainan menarik bagi anak- anak usia TK.

Kegiatan dilanjutkan aktivitas mewarnai untuk anak kelas 1-3 SD dan permainan angklung untuk anak kelas 4 -6 SD, yang difasilitasi oleh Komunitas Jelajah Buku. Di ruangan lain, anggota Dasasila lainnya mengadakan pelatihan kreasi kerajian dengan membuat miniatur rumah menggunakan stik es krim untuk anak kelas SMP.

Dasasila juga mengadakan seminar smart-parenting bagi orang tua dan lansia, dengan fokus mengenal karakter anak sejak dini.

Acara dilanjutkan dengan sesi saling berbagi pengalaman bersama anak usia SMA mengenai cita-cita atau harapan mereka di masa depan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan semangat mereka agar lebih berminat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sesuai potensi dan bakat yang mereka miliki.

Selanjutnya, sebagai penutup dan puncak kegiatan, Pojok Baca yang telah dipersiapkan oleh Tim Dasasila sejak pagi diresmikan bersama dengan Pengurus Vihara Dharma Mulia.

Dasasila adalah organisasi Buddhis yang bertujuan mewujudkan kesejahteraan dan kesetaraan umat Buddha di pedesaan, melalui penerapan Dhamma secara universal. Melalui sinergi dengan berbagai pihak, Dasasila mencoba untuk menyediakan akses ilmu pengetahuan di berbagai desa Buddhis dengan berbasis kearifan lokal yang telah ada.

Sejak November 2017, Teman Dasasila telah diselenggarakan di 4 desa yang berbeda, yaitu: Desa Tlogowungu, Temanggung; Desa Merden, Banjarnegara; Desa Plandi, Banyumas; dan Desa Jagabaya, Parungpanjang.[Bhagavant, 7/12/18, Sum]

Kata kunci:
Penulis: