Singapura

Singapura Rayakan 100 Tahun Vihara Theravada Tertua

Sabtu, 19 Mei 2018

Bhagavant.com,
Singapura – Buddhis Singapura merayakan seabad berdirinya sebuah vihara Theravada di Jalan Bukit Merah, Singapura, pada Minggu pekan lalu (13/5/2018) .

Tokoh lintas agama di Perayaan 100 Tahun Vihara Ananda Metyarama Singapura.
Tokoh lintas agama di Perayaan 100 Tahun Vihara (Wat) Ananda Metyarama Singapura. Foto: Facebook PM Singapura.

Vihara Ananda Metyarama (Wat Ananda Metyarama) merupakan vihara tradisi Theravada tertua di Singapura dan vihara Thailand pertama yang didirikan di luar kerajaan Thailand serta diakui secara resmi oleh keluarga kerajaan Thailand.

“Vihara ini lebih tua dari [Republik] Singapura,” kata sekretaris kehormatan vihara tersebut seperti yang dilansir The Straits Times Senin (14/5/2018). “Jadi ini adalah tonggak besar bagi kami untuk merayakan kesempatan ini. Saya sangat bangga.”

Perayaan hari jadi itu dimulai dengan satu menit momen hening yang dipimpin oleh perwakilan dari 10 agama dari Organisasi Antaragama Singapura.

Upacara tersebut dihadiri oleh sekitar 1.500 peserta, termasuk Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Pejabat Perdana Menteri Singapura Indranee Rajah, dan 634 bhikkhu dari Asia, Eropa, dan Amerika Utara yang telah berkumpul di Singapura untuk perayaan hari jadi vihara tersebut dan sebuah konferensi Buddhis.

Vihara tersebut didirikan pada tahun 1918 oleh Y.M. Luang Phor Hong Dhammaratano (Phra Dhammaratano Bandi), dan konstruksi selesai pada tahun 1923. Sejak didirikan, vihara ini telah mengalami beberapa renovasi dan bangunan baru telah ditambahkan. Terutama, penambahan gedung lima lantai baru pada tahun 2014.

Vihara Ananda Metyarama Singapura.
Vihara Ananda Metyarama Singapura. Foto: watananda.org.sg

Bangunan baru tersebut memiliki pusat budaya dan ruang puja, dan memiliki aula Dhamma, aula mediasi, ruang konferensi, ruang makan, tempat istirahat, ruang Sekolah Minggu, dan tempat tinggal viharawan. Desain bangunan modernnya berbentuk V modern, dirancang oleh Czarl Architects, dimaksudkan untuk menarik minat kaum muda. Dan desain tersebut telah terpilih untuk beberapa penghargaan arsitektur.

Tahun 1966, vihara mendirikan sebuah kelompok pemuda bernama Wat Ananda Youth (WAY), sebelumnya dikenal sebagai Ananda Metyarama Buddhist Youth Circle, dan merupakan perkumpulan pemuda Buddhis pertama yang terdaftar di Singapura. WAY telah melakukan banyak inisiatif dengan pemuda Singapura untuk penyebaran Agama Buddha Theravada. Beberapa kegiatan rutin lainnya di vihara program pentahbisan samanera, kelas-kelas Sekolah Minggu Buddhis untuk anak-anak, kelas bahasa Thailand untuk anak-anak, dan kelas yoga.

Pada kesempatan perayaan 100 tahun vihara tersebut, juga dirayakan pula hari ulang tahun ke-90 kepala Vihara Ananda Metyarama, Y.M. Siddhivides.[Bhagavant, 19/5/18, Sum]

Penulis: