Jepang » Seni dan Budaya

Kreatif! Vihara Kertas Muncul Setelah Kertas Memo Habis Dipakai

Kamis, 18 Januari 2018

Bhagavant.com,
Tokyo, Jepang – Model berbentuk bangunan vihara kertas perlahan-lahan muncul setelah tumpukan kertas memo habis digunakan, menjadi bukti kekreatifan warga Jepang.

Model Vihara Kiyomizu (Kiyomizu-dera) dari kertas muncul setelah kertas memo dicopot satu persatu untuk digunakan.
Model Vihara Kiyomizu (Kiyomizu-dera) dari kertas muncul setelah kertas memo dicopot satu persatu untuk digunakan. Foto: triad-japan.com

Sebuah perusahaan desain dan model di Jepang membuat sebuah kertas memo bernama Omoshiroi Block (blok yang menarik/menyenangkan) yang akan memperlihatkan bentuk tersembunyi saat Anda menggunakannya.

Desain yang tidak biasa tersebut sangat menakjubkan sehingga banyak orang berusaha untuk mendapatkannya. Triad, perusahaan yang memproduksinya benar-benar kehabisan stok mereka dan toko online mereka sempat tidak bisa diakses.

Omoshiroi Block
Selembar demi selembar. Foto: triad-japan.com

Kertas memo yang ingin diungkapkan oleh banyak orang setelah menggunakannya adalah Vihara Kiyomizu (Kiyomizu-dera), sebuah vihara terkenal yang berlokasi di Kyoto.

Vihara Kiyomizu merupakan bagian dari Monumen Bersejarah Kyoto Kuno dan masuk dalam situs Warisan Dunia UNESCO. Vihara ini dibangun pada masa zaman Heian sekitar tahun 794 Masehi dan ditujukan untuk penghormatan Bodhisattva Avalokitesvara (Jpn: Kannon).

Desain kertas memo Vihara Kiyomizu hadir dalam empat warna berbeda, yang memperlihatkan vihara pada musim yang berbeda sepanjang tahun, yaitu dengan bunga sakura, daun bambu, bunga iris, dan daun musim gugur.

4 warna dari model Vihara Kiyomizu (Kiyomizu-dera) dari kertas.
4 warna dari model Vihara Kiyomizu (Kiyomizu-dera) dari kertas. Foto: IG triad_inc

Blok Omoshiroi mendorong Anda untuk menggunakannya sebanyak mungkin, dengan menjanjikan pengungkapan yang mengesankan setelah semua halaman memo telah dicabut.

Meskipun lembaran memo yang dicabut sekilas terlihat bergerigi, namun sebenarnya tiap lembarnya telah dipikirkan sedemikian rupa dan menjadikannya kartu pesan yang berbentuk indah.

Vihara Kiyomizu (Kiyomizu-dera) di Kyoto, Jepang.
Vihara Kiyomizu (Kiyomizu-dera) di Kyoto, Jepang.

Desain lainnya yang dibuat adalah gerbang terluar Vihara Sensō (Sensō-ji) yang tekenal yaitu Kaminarimon (Gerbang Halilintar) yang berada di Asakusa, Tokyo.

Selain bangunan vihara juga terdapat desain Menara Tokyo, Kastel Osaka, biola, piano, kereta api, hingga kamera foto.

Kaminarimon, desain lain dari kertas memo Omoshiroi Block
Kaminarimon, desain lain dari kertas memo Omoshiroi Block. Foto: IG triad_inc

Menurut situs web Spoon & Tamago, Triad menggunakan “teknologi pemotongan laser” untuk menciptakannya.

Hingga berita ini diturunkan belum ada kabar mengenai kapan produk tersebut akan beredar lagi.[Bhagavant, 18/1/18, Sum]

Kata kunci:
Penulis: