Kesenian » Seni dan Budaya » Thailand

Seniman Thailand Buat Pahatan Es Buddha Tertinggi di Dunia

Senin, 7 Desember 2015

Bhagavant.com,
Prachuap Khiri Khan, Thailand – Satu tim seniman pemahat es memahat pahatan es Buddha tertinggi di dunia dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Raja Thailand yang ke-88, pada Sabtu (5/12/2015).

Pahatan es Buddha dalam rangka merayakan peringatan HUT Ke-88 Raja Thailand.
Pahatan es Buddha dalam rangka merayakan peringatan HUT Ke-88 Raja Thailand. Foto: manager.co.th

Berlokasi di lapangan terbuka di depan Stasiun Kereta Api Hua Hin, di Distrik Hua Hin, Provinsi Prachuap Khiri Khan, pemahatan pahatan es Buddha setinggi 599 cm yang terbuat dari 99 balok es tersebut disaksikan oleh para warga dan turis asing. Kegiatan ini menambah warna bagi perayaan HUT Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej.

Seperti yang dilansir Manager Online, Sabtu (5/12/2015),  para warga yang menyaksikan dan berpartisipasi mengikuti kegiatan tersebut menggunakan baju berwarna kuning dan membawa lilin. Mereka berkumpul di depan ruang tunggu kerajaan di stasiun kereta api dan menyanyikan lagu tema HUT yang berjudul “Bapak Bangsa” (พ่อของแผ่นดิน). Mereka juga menuliskan ucapan penghargaan di sebuah papan berbentuk peta Thailand.

Salah satu anggota tim pemahat, Alongkorn Timcharoen dari Hua Hin, yang juga seorang pemenang penghargaan pahatan es di kompetisi Kongres Dunia Pahatan Es 2013 di Asahikawa, Jepang, akhir bulan lalu mengatakan bahwa  ia dan enam rekan seniman pahat es akan mengubah 99 balok es menjadi rupaka Buddha.

Semenjak ia mengirimkan rencananya tersebut pada halaman Facebook-nya, banyak orang menunjukkan minat dalam mendukung kegiatan tersebut, kata Alongkorn seperti yang dilansir Bangkok Post, Selasa pekan lalu.

Dukungan terhadap kegiatan tersebut salah satunya berasal dari Sekolah Pelatihan Kesehatan Anantarak di Hua Hin yang telah menyumbangkan balok-balok es yang digunakan untuk membuat pahatan es Buddha tersebut.[Bhagavant, 7/12/15, Sum]

Kata kunci:
Penulis: