Asia Selatan » India

P.M India Impikan Buat Monumen Megah untuk Sri Buddha

Selasa, 4 Juli 2017

Bhagavant.com,
Gujarat, India – Perdana Menteri India, Narendra Modi, memimpikan membangun sebuah monumen megah untuk Sri Buddha di Desa Dev Ni Mori, dekat Kuil Shamlaji, Distrik Aravalli, Gujarat.

Narendra Modi
Narendra Modi. Foto: freepressjournal.in

Pernyataan tersebut ia sampaikan di tengah-tengah pertemuan peluncuran proyek persediaan air dan proyek lainnya bagi masyarakat di kota di Distrik Aravalli, pada Jumat (30/6/2017).

Reruntuhan sebuah vihara, yang berasal dari abad ketiga dan keempat Masehi, ditemukan di Dev Ni Mori dan sebuah peti yang berisi relikui-relikui Buddha ditemukan di sana. Relikui-relikui ini sekarang berada di departemen Arkeologi Universitas MS di Vadodara.

Modi mengatakan bahwa sebelumnya orang-orang percaya bahwa Agama Buddha hanya membawa pengaruh di negara bagian timur India dan bagian Asia Tenggara, namun sejak saat relikui tersebut ditemukan dipercaya bahwa Agama Buddha juga hadir di India bagian barat.

“Hal ini diketahui ketika relikui-relikui Buddha ditemukan pada penggalian di Dev Ni Mori dekat Shamlaji,” kata Modi seperti yang dilansir The Time of India, Sabtu (1/7/2017).

“Penjelajah besar Hsuan Tsang, dalam perjalanannya menulis bahwa lebih dari 10.000 bhiksu tinggal di sebuah vihara di tempat kelahiran saya, Vadnagar. Hsuan Tsang pernah tinggal di tempat asal saya untuk waktu yang cukup lama,” katanya.

“Selama kunjungan saya ke Tiongkok tahun lalu, perdana menteri Tiongkok memberi tahu saya apa yang telah ditulis Hsuan Tsang selama berada di Vadnagar,” katanya lebih lanjut mengacu pada Vadnagar di Distrik Mehsana, Gujarat.

“Hsuan Tsang menghabiskan sebagian besar hidupnya di desa saya dan di desa presiden Tiongkok Xi Jinping.”

“Saya memiliki impian untuk membuat monumen raksasa untuk Sri Buddha di Dev Ni Mori, di mana orang-orang dari seluruh dunia akan datang berkunjung. Inilah impian saya dan saya ingin restu dari masyarakat Gujarat untuk mewujudkan impian ini,” kata Modi.

Selain monumen megah untuk Sri Buddha, dalam pidatonya selama 45 menit, yang dihadiri oleh Menteri Pendidikan Bhupendra-sinh Chudasama, Modi juga menyoroti upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam menyediakan air minum ke setiap pokok dan sudut Gujarat.[Bhagavant, 4/7/17, Sum]

Kata kunci:
Penulis: