Laos » Seremonial

Magha Puja, Ribuan Buddhis Vientiane Berpartisipasi dalam Pindapata

Senin, 13 Februari 2017

Bhagavant.com,
Vientiane, Laos – Dalam rangka memperingati Hari Raya Magha Puja 2560 EB, ribuan umat Buddha melakukan persembahan dana makanan kepada 1.500 bhikkhu dan samanera di pelataran Stupa Agung Luang (Pha That Luang) di Vientiane, Laos pada Sabtu (11/2/2017) pagi.

Pindapata di Stupa Agung Luang (Pha That Luang) di di Vientiane, Laos dalam rangka memperingati Hari Magha Puja).
Pindapata di Stupa Agung Luang (Pha That Luang) di di Vientiane, Laos dalam rangka memperingati Hari Magha Puja). Foto: vientianetimes.org.la

Kegiatan pindapata (berkeliling menerima dana makanan) yang dilakukan oleh para bhikkhu hari itu menjadi acara yang spesial karena memperingati Magha Puja (Laos: ມະຄະບູຊາ – makha busa) salah satu hari besar Agama Buddha yang diperingati oleh umat Buddha di seluruh dunia khususnya di Asia Tenggara dan Selatan.

Setelah pindapata oleh para bhikkhu, kegiatan dilanjutkan dengan sesi Phapa Samakkhy atau sumbangan dana uang yang diselenggarakan oleh kelompok umat Buddhis asal Thailand yang digunakan untuk membantu merenovasi Stupa Agung Luang. Dalam sesi tersebut telah terkumpul sumbangan setidaknya 20 juta kip Laos dan emas senilai 101 baht Thailand (sekitar 1.500 gram).

Keseluruhan kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Organisasi Persaudaraan Buddhis Laos yang bekerja sama dengan Front Konstruksi Nasional Laos dan dihadiri oleh Walikota Vientiane, Dr Sinlavong Khoutphaythoune, para pejabat dan masyarakat umum.

Seperti yang dilansir Vientiane Times, Minggu (12/2/2017), Y.M. Maha Veth Masenay, salah satu anggota Organisasi Persaudaraan Buddhis Laos yang memimpin para bhikkhu dan samanera dalam kegiatan pindapata, mengatakan bahwa begitu banyaknya orang yang mempersembahkan dana untuk memperingati Hari Magha Puja merupakan hal yang baik karena merupakan cara yang tepat untuk memperingati hari penting Buddhis tersebut.

Hari Raya Magha Puja merupakan salah satu hari besar Agama Buddha selain Vesak, Asalha (Asadha), dan Kathina. Nama hari besar yang jatuh pada setiap Purnama ini diambil dari nama bulan ke-10 dalam penanggalan India kuno yaitu bulan Magha. Tahun ini Magha Puja jatuh pada 11 Februari 2017.

Hari tersebut dirayakan untuk memperingati 4 peristiwa yaitu berkumpulnya 1.250 Arahant tanpa diundang untuk menghormati Sri Buddha, para Arahant tersebut merupakan bhikkhu yang ditahbiskan sendiri oleh Sri Buddha, pembabaran Nasihat Menuju Pembebasan (Pali: Ovāda Pāṭimokkha) oleh Sri Buddha, dan terjadi pada Bulan Purnama.

Di Laos, secara tradisi Hari Magha Puja telah menjadi suatu kesempatan untuk melakukan jasa kebaikan bagi umat Buddha, saat para umat mengunjungi vihara-vihara untuk memberi persembahan, mendengarkan ceramah Dhamma dari para bhikkhu, membacakan paritta dan meditasi, serta berpartisipasi dalam prosesi penyalaan lilin di malam hari.[Bhagavant, 13/2/17, Sum]

Kata kunci:
Penulis: