Thailand

Dewan Sangha Thailand Instruksikan Puja Bakti Harian untuk Mendiang Raja

Jumat, 14 Oktober 2016

Bhagavant.com,
Bangkok, Thailand – Dewan Tertinggi Sangha Thailand  telah mengeluarkan pedoman bagi vihara-vihara di bawah naungannya terkait wafatnya Raja Thailand Bhumibol Adulyadej.

Sangha Thailand

Seperti yang dilansir Bangkok Post, Jumat (14/10/2016), Dewan Tertinggi Sangha Thailand atau Mahathera Samakhom (Pali: Mahāthera Sāmagāma; Inggris: Sangha Supreme Council) telah menginstruksikan seluruh vihara di Thailand dan vihara tradisi Thailand di luar Thailand untuk melakukan puja bakti harian selama satu bulan untuk mendiang Raja Bhumibol Adulyadej.

Puja bakti pelimpahan jasa secara massal juga diselenggarakan pada hari ke-7, ke-50 dan ke-100 masa berkabung, dimulai pada 13 Oktober 2016. Pusat-pusat meditasi di provinsi-provinsi perlu menyelenggarakan meditasi selama tujuh hari pada setiap tanggal tersebut.

Puja bakti bisa diselenggarakan pada waktu yang sama saat Raja wafat yaitu pukul 15.52 atau waktu lain yang sesuai.

Setiap vihara juga perlu menyiapkan meja altar, bersama-sama dengan gambar Raja, dalam ruang uposatha (ruang penahbisan) atau tempat lain yang sesuai.

Para bhikkhu diinstruksikan untuk bermeditasi bagi mendiang Raja yang dilakukan setelah puja bakti malam keseharian mereka.

Para umat awam juga diminta untuk bergabung dalam puja bakti selama masa berkabung satu tahun.

Menurut Dewan Tertinggi Sangha, ada sekitar 33.000 vihara di Thailand.

Raja Bhumibol Adulyadej wafat pada Kamis (13/10/2016) pukul 15.52 waktu setempat dalam usia ke-88 di Rumah Sakit Siriraj, Bangkok, Thailand.[Bhagavant, 14/10/16, Sum]

Kata kunci:
Penulis: