Seremonial » Thailand

Rayakan Vesak Hari ini Thailand Larang Minuman Alkohol

Senin, 1 Juni 2015

Bhagavant.com,
Bangkok, Thailand – Dalam rangka Hari Vesak (Waisak), Kementerian Dalam Negeri Thailand telah menginstruksikan semua instansi di bawah pengawasannya untuk memonitor tempat-tempat hiburan, hotel dan toko-toko minuman keras di seluruh negeri untuk memastikan mereka mematuhi hukum kontrol-alkohol pada Hari Vesak.

No Acohol

Seperti yang dilansir National News Bureau of Thailand, Jumat (29/5/2015), menurut wakil tetap sekretaris Departemen Dalam Negeri Thailand, Apinan Suethanuwong, penjualan minuman beralkohol dilarang selama Hari Vesak. Larangan ini sejalan dengan undang-undang kontrol minuman beralkohol tahun 2008 yang menyatakan bahwa penjualan atau konsumsi minuman beralkohol dilarang pada hari-hari penting keagamaan. Mereka yang tertangkap telah melanggar hukum tersebut akan mendapatkan hukuman.

Kementerian Dalam Negeri memainkan peran utama dalam perayaan hari penting ini dengan mengadakan kegiatan selama 12 hari di seluruh negeri mulai dari 29 Mei sampai 9 Juni.

Apinan Suethanuwong mengatakan bahwa selain bergabung dengan kampanye melakukan jasa kebaikan yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri, masyarakat umum juga dapat membantu memperbaiki kemasyarakatan dengan hanya ikut serta dalam kegiatan yang bermanfaat yang mereka inginkan, seperti melakukan pekerjaan sosial untuk membantu mereka yang kurang mampu atau memberikan sumbangan.

Hari Vesak adalah hari untuk memperingati kelahiran Pangeran Siddhattha Gotama, pencerahan Petapa Gotama dan parinibbana-nya Buddha Gotama. Hal ini secara tradisional dirayakan oleh umat Buddhis di berbagai belahan dunia. Di Thailand, Vesak tahun ini jatuh pada 1 Juni. Dan berdasarkan penanggalan Buddhis versi Thailand, Hari Vesak tahun 2015 ini memasuki tahun 2558 Era Buddhis (EB).[Bhagavant, 1/6/15, Sum]

Kata kunci: , ,
Penulis: