Asia Tenggara » Singapura

Awali Hari Vesak 2560 Buddhis Singapura Lakukan “San Bu Yi Bai”

Sabtu, 21 Mei 2016

Bhagavant.com,
Singapura – Hari ini Sabtu (21/5/2016) umat Buddhis di Singapura merayakan Hari Vesak 2560 EB / 2016, dan sebagian Buddhis di Singapura menyambutnya dengan mengikuti prosesi “San Bu Yi Bai”.

Awali Hari Vesak 2560, para biksu memimpun umat dalam tiga-langkah, satu-sujud
Awali Hari Vesak 2560, para biksu memimpun umat dalam “tiga-langkah, satu-sujud” di Vihara Kong Meng San Phor Kark See Jumat kemarin hingga hari ini pukul 9 pagi. Foto: straitstimes.com

Seperti yang dilansir Straits Times Singapore, Sabtu (21/5/2016), kemarin sebelum matahari terbenam, ribuan umat Buddhis yang dipimpin oleh para bhiksu berjajar berbaris di sekeliling Vihara Kong Meng San Phor Kark See di Jalan Bright Hill, mereka melakukan prosesi San Bu Yi Bai (sān bù yī bài – 三步一拜 – tiga langkah, satu sujud) yaitu berjalan tiga langkah dan kemudian melakukan sujud sekali.

Setelah lebih dari dua jam, kelompok pertama dari para umat tiba di depan Aula Maha Karuna (Hall of Great Compassion), tempat mereka diberkati dengan percikan air untuk menandai berakhirnya prosesi upacara tersebut.

Sekitar 15.000 umat diperkirakan hadir di vihara tersebut sepanjang malam untuk melakukan upacara yang berakhir pada sekitar pukul 09.00 hari ini.

Banyak yang melihat praktek ini sebagai bentuk pertobatan untuk perbuatan buruk pada masa lalu, serta sebagai pengingat akan panjang dan sulitnya jalan untuk mencapai pencerahan.

Meskipun bermandi keringat, Jojo Cheng, 54, seorang pensiunan yang telah melakukan praktik tersebut selama 15 tahun terakhir, mengatakan, “Saya tidak merasa lelah. Sebaliknya, saya merasakan sebuah rasa damai pada diri saya dan mampu mengosongkan pikiran saya.”

Di Aula Maha Bala (Hall of Great Strength), para umat terlihat memandikan rupaka bayi Pangeran Siddhartha, sebagai simbol memurnikan tubuh dan pikiran seseorang.[Bhagavant, STS, 21/5/16, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis: