Asia Oseania » Indonesia » Taiwan

Tzu Chi Rayakan Vesak, Hari Ibu 2016, dan HUT Tzu Chi Ke-50

Minggu, 8 Mei 2016

Bhagavant.com,
Taipei, Taiwan – Sejumlah besar umat Buddha mengikuti upacara peringatan Hari Vesak (Waisak), Hari Ibu Internasional 2016, dan Hari Tzu Chi Sedunia Ke-50 yang diselenggarakan oleh organisasi bantuan kemanusiaan Yayasan Buddha Tzu Chi, pada Minggu (8/5/2016).

Peringatan Hari Vesak, Hari Ibu Internasional, dan Hari Tzu Chi Ke-50 di Balai Peringatan Chiang Kai-shek, Minggu (8/5/2016).
Peringatan Hari Vesak, Hari Ibu Internasional, dan Hari Tzu Chi Ke-50 di Balai Peringatan Chiang Kai-shek, Minggu (8/5/2016). Foto: tangkapan layar Youtube Tzu Chi DaAiVideo

Upacara peringatan ketiga hari penting tesebut diselenggarakan di seluruh kantor cabang Yayasan Buddha Tzu Chi di seluruh dunia temasuk di Taiwan dan Indonesia.

Di Taiwan, upacara peringatan diawali di pagi hari pukul 7.00 waktu setempat di Griya Jing Si di Hualien, Taiwan, yang di hadiri oleh Y.M. Cheng Yen, pendiri Yayasan Buddha Tzu Chi, dan para umat serta para relawan dari berbagai latar belakang negara dan profesi termasuk para dokter dan perawat.

Dalam upacara tersebut para umat yang hadir berbaris membentuk cakra (lingkaran) dan mengikuti prosesi pemandian rupaka Buddha. Dan di akhir upacara para umat memberikan lambaian salam kepada  Y.M. Bhiksuni Cheng Yen yang membalas mereka dengan lambaian dan salam anjali.

Peringatan Hari Vesak, Hari Ibu Internasional, dan Hari Tzu Chi Ke-50 di Griya Jing Si di Hualien, Taiwan, Minggu (8/5/2016).
Peringatan Hari Vesak, Hari Ibu Internasional, dan Hari Tzu Chi Ke-50 di Griya Jing Si di Hualien, Taiwan, Minggu (8/5/2016). Foto: tangkapan layar Youtube Tzu Chi DaAiVideo

Pada sore hari pukul 17.30 waktu Taiwan, upacara peringatan diselenggarakan di Balai Peringatan Chiang Kai-shek (Chiang Kai-shek Memorial Hall), Taipei, yang dihadiri oleh pejabat pemerintahan termasuk Presiden Taiwan Ma Ying-jeou.

Dalam waktu yang hampir bersamaan, pukul 17.00 WIB, upacara peringatan Hari Vesak juga diselenggarakan di Tzu Chi Center, Pantai Indah Kapuk Boulevard, Jakarta Utara, Indonesia. Upacara peringatan tersebut berakhir pada 18.20 WIB.

Seluruh prosesi yang dilakukan dalam upacara baik di Taiwan maupun di Indonesia tidak jauh berbeda. Upacara diawali dengan pelantunan gatha pendupaan (鑪香讚 – Lú xiāng zàn) diiringi dengan kehadiran para anggota sangha. Kemudian dilanjutkan dengan prosesi persembahan bunga, air dan pelita, pemandian rupaka Buddha, pradaksina, puja bersama, dan pelimpahan jasa yang diiringi dengan gatha pemandian rupaka Buddha. Penghormatan kepada Yang Maha Sadar menjadi prosesi terakhir dari upacara peringatan Vesak, Hari Ibu Internasional 2016, dan Hari Tzu Chi Sedunia Ke-50.

Formasi barisan dalam upacara peringatan Hari Vesak, Hari Ibu Internasional, dan Hari Tzu Chi Ke-50 di Tzu Chi Center, Pantai Indah Kapuk Boulevard, Jakarta Utara, Indonesia.
Formasi barisan dalam upacara peringatan Hari Vesak, Hari Ibu Internasional, dan Hari Tzu Chi Ke-50 di Tzu Chi Center, Pantai Indah Kapuk Boulevard, Jakarta Utara, Indonesia, Minggu (8/5/2016). Foto: tangkapan layar Youtube DAAI TV Indonesia Live Stream.

Upacara peringatan yang melibatkan sejumlah besar massa tersebut, seperti biasanya juga menghadirkan pembentukan formasi barisan. Tahun ini formasi yang mendominasi dalam upacara tersebut adalah membentuk logo Tzu Chi dan angka “50” yang menyimbolkan Hari Ulang Tahun Yayasan Buddha Tzu Chi yang ke-50.

Tahun 2016 ini merupakan tahun emas (50 tahun) Yayasan Buddha Tzu Chi yang berdiri sejak 14 Mei 1966 oleh Y.M. Cheng Yen, seorang bhiksuni asal Taiwan.

David L. Myers membacakan ucapan selamat dari Presiden A.S. Barack Obama, Sabtu (30/4/2016).
David L. Myers membacakan ucapan selamat dari Presiden A.S. Barack Obama, Sabtu (30/4/2016). Foto: tzuchi.org.tw

Sebelumnya pada upacara khusus perayaan peringatan Hari Ulang Tahun Tzu Chi Ke-50 yang diadakan di Griya Jing Si di Hualien, Taiwan, pada Sabtu (30/4/2016), pejabat senior Amerika Serikat David L. Myers, yang merupakan Direktur Pusat Kemitraan Berbasis Keyakinan dan Lingkungan Departemen Keamanan Dalam Negeri A.S. hadir dan membacakan ucapan selamat dari Presiden Barack Obama.

Dengan menggerakkan para relawan di seluruh dunia untuk membantu mereka yang paling membutuhkan, organisasi seperti Tzu Chi membentuk sebuah masa depan yang mencerminkan tujuan dan cita-cita bersama yang mengikat manusia bersama-sama,” ujar Presiden Obama dalam pesannya yang bertanggal 28 April 2016 tersebut.[Bhagavant, 8/5/16, Sum]

Kata kunci: , ,
Penulis: