Asia Tenggara » Tokoh » Vipassanā

Y.M. Sayadaw U Pandita Wafat di Usia 94

Senin, 18 April 2016

Bhagavant.com,
Yangon, Myanmar – Guru meditasi Vipassana terkemuka dari Birma (Myanmar), Y.M. Sayadaw U Pandita, wafat pada Sabtu (16/4/2016) pagi, di usia 94 tahun.

Y.M. Sayadaw U Pandita (29 July 1921 - April 2016).
Y.M. Sayadaw U Pandita (29 Juli 1921 – 16 April 2016).

Y.M. Ovāda Ācariya Sayādaw U Paṇḍitābhivaṃsa atau dikenal dengan sebuatan Sayadaw U Pandita telah menjalani perawatan di Rumah Sakit Asia Royal (Asia Taw-win private hospital) di Yangon sejak sebelum pertengahan Maret 2016.

Dua minggu sebelum wafat, beliau dipindahkan ke Rumah Sakit Bumrungrad di Bangkok, Thailand, tempat ia harus menjalani pemeriksaan untuk pemindaian efusi pleura dan PET (positron emission tomography).

Seperti yang dilansir laman Facebook Paṇḍitārāma Lumbini International Vipassanā Meditation Center, jenazah mendiang Y.M. Sayadaw U Pandita akan disemayamkan di Pusat Meditasi Paṇḍitārāma Shwe Taun Gon Sasana Yeiktha di Jalan Thanlwin, Yangon, Myanmar, hingga Rabu (20/4/2016) untuk memberi kesempatan kepada para umat dan siswanya untuk memberikan penghormatan terakhir.

Pada hari yang sama dengan hari terakhir penghormatan tersebut, jenazah beliau dibawa ke Hse Mine Gon (Forest Meditation Centre) di Desa The’ Phyu Gyaun, di wilayah Bago, Myanmar, untuk disemayamkan sebelum dikremasi. Upacara kremasi akan diadakan pada Jumat (22/4/2016) pukul 12.30 waktu setempat, 7 hari setelah beliau wafat.

Y.M. Sayadaw U Pandita merupakan salah satu guru meditasi Vipassana terkemuka dari Myanmar dan sekaligus guru pendiri Paṇḍitārāma Center. Beliau lahir di Kota Insein, Rangoon (sekarang Yangon), pada 29 Juli 1921.

Beliau menjadi seorang samanera (calon bhikkhu) pada usia dua belas, dan ditahbiskan pada usia dua puluh. Setelah puluhan tahun belajar, beliau lulus dari serangkaian ujian ketat pemerintah dalam hal teks-teks Buddhis Theravada, dan beliau memperoleh gelar Dhamma Ācariya (guru Dhamma) pada tahun 1952.

Y.M. Sayadaw U Pandita mulai berlatih meditasi Vipassana di bawah bimbingan Y.M Mahāsi Sayādaw U Sobhana (mahasi Sayadaw) dimulai pada tahun 1950. Pada tahun 1955, beliau meninggalkan posisinya sebagai guru studi kitab suci untuk menjadi seorang guru meditasi di Mahāsi Meditation Center.

Segera setelah Mahasi Sayadaw wafat pada tahun 1982, Sayadaw U Pandita menjadi guru pembimbing (Ovāda Ācariya) dari Mahasi Meditation Center. Pada tahun 1991, beliau meninggalkan posisi tersebut dan memdirikan Paṇḍitārāma Meditation Center di Yangon. Sekarang ada beberapa cabang Paṇḍitārāma Meditation Center diberbagai negara seperti di Birma (Myanmar), Nepal, Australia, Singapura, Inggris dan Amerika Serikat.

Sayadaw U Pandita menjadi terkenal di dunia Barat setelah menyelenggarakan retret musim semi 1984 di Insight Meditation Society (IMS) di Barre, Massachusetts, Amerika Serikat. Banyak guru meditasi Barat yang senior dalam tradisi Mahasi berlatih dengan Sayadaw U Pandita pada saat itu dan retret berikutnya. Ceramah yang beliau memberikan pada tahun 1984 di IMS disusun sebagai buku dengan judul “In This Very Life.”

Sayadaw U Pandita dikenal dengan metode pengajaran yang ketat dan tepat mengenai pemeriksaan diri. Dia mengajarkan meditasi Satipaṭṭhāna atau Vipassana, menekankan sila atau disiplin moral sebagai landasan yang diperlukan. Beliau juga seorang sarjana Tipitaka Pali yang terpelajar.[Bhagavant, 18/4/16, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis: