Eropa » Tokoh

Kembalinya Thich Nhat Hanh ke Plum Village

Selasa, 12 Januari 2016

Bhagavant.com,
Paris, Perancis – Y.M. Thich Nhat Hanh akhirnya kembali ke padepokannya di Plum Village, Dordogne, Perancis pada Jumat (8/1/2016), setelah menjalani perawatan di rumah sakit di Amerika Serikat.

Y.M. Thich Nhat Hanh (duduk dikursi roda) saat merayakan pergantian Tahun Baru di San Francisco, Kamis (31/12/2015).
Y.M. Thich Nhat Hanh (duduk dikursi roda) saat merayakan pergantian Tahun Baru di San Francisco, Kamis (31/12/2015). Foto: plumvillage.org

Kepulangan Master Zen asal Vietnam yang sering dipanggil dengan Thay tersebut dikabarkan oleh para viharawan-viharawati Plum Village melalui pengumuman resminya yang dilansir oleh situs resmi Plum Village pada hari yang sama dengan kepulangan Thay.

“Sejak permulaan Tahun Baru, Thay telah berkomunikasi dengan sangat jelas kepada kami untuk kembali ke pertapaannya di Plum Village, Perancis. Thay puas dengan kemajuan yang telah dibuatnya sejauh ini, berkat perawatan dan perhatian fenomenal dari para dokter di UCSF, serta semua banyak para terapis yang luar biasa memperlakukannya dalam enam bulan terakhir,” kata pengumuman yang dilansir Jumat (8/1/2016).

Menurut pengumuman tersebut, Thay ingin kembali ke rumah untuk mendapatkan energi kolektif penyembuhan di sana dan untuk bersama keluarga Plum Village-nya. Para dokter menyetujui keputusan ini dan meyakinkan bahwa mereka bisa melakukan perjalanan tanpa resiko. Tim pengiring akan terus merawat Thay setiap jamnya dan berupaya untuk menemukan terapi yang paling tepat.

Para viharawan-viharawati Plum Village sangat berterima kasih atas semua dukungan dan donasi yang Thay dan para pengiring telah terima selama mereka tinggal di San Francisco.

Y.M. Thich Nhat Hanh masuk ke rumah sakit di Perancis setelah tiba-tiba mengalami pendarahan otak yang parah pada awal November 2014. Setelah berbulan-bulan melakukan rehabilitasi, beliau diperbolehkan meninggalkan klinik rehabilitasi stroke di Rumah Sakit Universitas Bordeaux pada April 2015 dan kembali ke Plum Village, di mana para pengiringnya dari vihara dan kunjungan para profesional medis terus membantu pemulihannya.

Pada tanggal 11 Juli 2015, beliau diterbangkan ke San Francisco untuk menjalani program rehabilitasi yang lebih intensif di Pusat Medis Universitas California San Francisco (UCSF Medical Center). Di sana, pada bulan September 2015, Thay mengucapkan kata-kata pertamanya sejak mengalami stroke.[Bhagavant, 12/1/16, Sum]

Kata kunci:
Penulis: