Amerika » Amerika Serikat

Teror di San Bernardino Pengaruhi Kunjungan ke Vihara

Rabu, 9 Desember 2015

Bhagavant.com,
California, Amerika Serikat – Teror di San Bernardino, California, Amerika Serikat yang terjadi pada Rabu pekan lalu (2/12/2015), memberikan pengaruh bagi masyarakat di sekirarnya termasuk kunjungan orang-orang ke vihara yang ada di sekitar wilayah itu.

Para bhikkhu dari Masyarakat Buddhis Khmer membacakan paritta bagi para korban penembakan di San Bernardino, California, Amerika Serikat, Senin (7/12/2015).
Para bhikkhu dari Masyarakat Buddhis Khmer membacakan paritta bagi para korban penembakan di San Bernardino, California, Amerika Serikat, Senin (7/12/2015). Foto: Yahoo News – zenfs.com (AFP)

Peristiwa penembakan di Inland Regional Center yang menewaskan 14 orang dan melukai 21 orang, memberikan dampak bagi jumlah umat yang berkunjung di Vihara Kamboja dari Masyarakat Buddhis Khmer yang terletak sekitar kurang dari 1 km dari peristiwa baku tembak antara polisi dengan sepasang suami istri pelaku penembakan massal tersebut.

Seperti yang dilaporkan San Bernardino Sun, Minggu (6/12/2015), Bhikkhu Sokha Chan, kepala Masyarakat Buddhis Khmer mengatakan adanya pengurangan jumlah orang yang berkunjung saat puja bakti. Ia biasanya melihat sekitar 30 sampai 35 orang di vihara pada hari-hari puja bakti, tapi hanya 20 orang yang hadir pada Kamis, sehari setelah persitiwa itu terjadi.

“Orang-orang tetap datang, tapi berkurang,” kata Bhikkhu Sokha Chan.

Terkait tragedi tersebut, Presiden Amerika Serikat Barack Obama dalam pidatonya pada Minggu malam mengingatkan bahwa kebebasan lebih kuat dari rasa takut.

Untuk memberikan penghormatan kepada para korban penembakan, pada Senin (7/12/2015), lima orang bhikkhu dari Masyarakat Buddhis Khmer melakukan pembacaan paritta di depan tempat peringatan sementara di San Bernardino, California.

Seperti yang dilaporkan oleh NBC News, salah seorang pelaku yang merupakan seorang ibu dari putri berusia 6 bulan tersebut disebut oleh bibinya baru-baru ini menjadi lebih religius dan sering memberitahu orang-orang untuk hidup sesuai dengan ajaran Islam.[Bhagavant, 9/12/15, Sum]

Kata kunci:
Penulis: