Amerika Serikat

Umat Buddha di Los Angeles Rayakan Hanamatsuri 2012

Buddhisme di Amerika SerikatBhagavant.com,
Los Angeles, Amerika Serikat – Umat Buddha yang tergabung dalam Federasi Umat Buddhis Los Angeles (Los Angeles Buddhist Church Federation) mengadakan perayaan tahunan Hanamatsuri (Festival Bunga) pada Minggu, 8 April lalu untuk memperingati hari kelahiran Sang Buddha.

Dengan mengusung tema “Buddhisme dan Anak-Anak”, seperti yang dilaporkan oleh Rafu Shimpo, tahun ini perayaan diadakan di Garden Room Pusat Kebudayaan dan Komunitas Jepang Amerika (Japanese American Cultural and Community Center) yang berlokasi di 244 S. San Pedro St. di Little Tokyo, Los Angeles, Amerika Serikat.

Perayaan Hanamatsuri tersebut dimulai pada pukul 1 siang waktu setempat dengan upacara yang dihadiri oleh 15 viharawan termasuk bhiksu dan pandita dari enam vihara di wilayah Little Tokyo, salah satu pemukiman etnis Jepang di Amerika Serikat.

Puja Bakti Hanamatsuri 2012, Los Angeles
Puja Bakti Hanamatsuri 2012, Los Angeles. Foto: Rafu.com

Dalam perayaan tersebut terdapat kegiatan Kanbutsu-e yaitu penyiraman rupang bayi Bodhisattva Siddhartha dengan ama-cha yaitu air atau teh beraroma harum yang terbuat dari campuran bunga hortensia yang melambangkan hujan yang harum yang turun saat bayi Siddhartha dilahirkan.

Anak-anak dari sekolah Terakoya Vihara Zenshui tampil dengan menyanyikan lagu-lagu dan Pandita Jan Chozen Bays, seorang pandita wanita dari tradisi Zen yang sekaligus seorang pediatri memberikan ceramah mengenai bagaimana ia menerapkan idealisme Buddhis dalam praktik medisnya.

Dalam perayaan Hanamatsuri 2012 tersebut juga ditampilkan sebuah pertunjukkan yang dibawakan oleh The Grateful Crane Ensemble dengan mengangkat tema “Proyek Momotaro”, tiga rangkaian cerita klasik anak-anak Jepang. Selain itu penghargaan juga diberikan untuk anak-anak peserta lomba seni dan foto.

Pertunjukkan Momotaru dalam Perayaan Hanamatsuri 2012
Pertunjukkan Momotaru dalam Perayaan Hanamatsuri 2012. Foto: Rafu.com

Perayaan Hanamatsuri atau Vesak di Jepang memiliki penanggalan tersendiri yang berbeda dengan negara-negara lain.

Sebelum pemerintahan Meiji mengadobsi sistem penanggalan solar dunia Barat, Hanamatsuri yang pertama kali diadakan pada tahun 606 Masehi di Vihara Hōkō-ji (Akusa-dera), Nara, Jepang diadakan berdasarkan penanggalan Tionghoa, yaitu pada hari ke-8 dari bulan ke-4 penanggalan Tionghoa yang dalam penanggalan Barat atau Masehi jatuh dalam penanggalan yang berbeda-beda tiap tahunnya di sekitar bulan Mei.

Setelah pemerintah Meiji mengadobsi penanggalan dunia Barat atau Solar atau Masehi maka perayaan Hanamatsuri atau Vesak ditetapkan menjadi hari ke-8 dari bulan ke-4 (April) penanggalan Masehi.[Bhagavant, 14/4/12, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis:
REKOMENDASIKAN