Asia Oseania » Asia Selatan » Pendidikan » Sri Lanka

Sri Lanka Bangun Universitas Buddhis Internasional di Kelaniya

Kamis, 12 November 2015

Bhagavant.com,
Kolombo, Sri Lanka – Sebuah universitas Buddhis bertaraf internasional sedang dalam proses pembangunan di Bollegala, Kelaniya, Sri Lanka, dan diperkirakan akan selesai tahun depan.

Desain grafis Universitas Buddhis Internasional Nagananda di Kelaniya, Sri Lanka.
Desain grafis Universitas Buddhis Internasional Nagananda di Kelaniya, Sri Lanka. Gbr: nibu.lk

Untuk memeriksa kemajuan pekerjaan konstruksi, Presiden Sri Lanka, Maithripala Sirisena, mengunjungi lokasi pembangunan universitas Buddhis yang diberi nama Universitas Buddhis Internasional Nagananda di kompleks Vihara Manelwatta di Bollegala, Kelaniya pada Selasa (10/11/2015).

Pembangunan universitas yang mendapatkan arahan dari pendiri Theravada Samadhi Education Association, Y.M. Bhikkhu Bodagoda Chandima Thera, mengacu pada Universitas Nalanda kuno di India, sebagai modelnya yang dianggap sebagai pusat pendidikan tinggi Buddhis tertua.

Tanah seluas hampir 24 hektar di Vihara Manelwatta telah dipersiapkan untuk pembangunan universitas tersebut. Peletakkan batu pondasi untuk pembangunan universitas tersebut telah dilakukan pada tahun 2013 dan dihadiri oleh pendiri Corporate Body of the Buddha Educational Foundation, Y.M. Bhiksu Chin Kung (Master Chin Kung) dari Taiwan, yang juga sebagai pengarah serta sponsor dan penasihat utama pembangunan universitas tersebut. Pembangunan dijadwalkan akan selesai pada tahun 2016.

Dalam rancangannya, universitas tersebut akan terdiri dari aula kuliah, gedung administrasi, perpustakaan, auditorium yang luas yang dapat menampung 1.500 orang, fasilitas perumahan siswa yang terpisah untuk 750 pria, wanita dan bhiksu serta semua fasilitas lainnya yang diperlukan untuk universitas itu.

Saat ini Universitas Buddhis Internasional Nagananda sudah beroperasi di gedung-gedung sementara dengan 300 siswa dari dalam negeri Sri Lanka dan siswa asing yang telah belajar di universitas tersebut. Para siswa tersebut di antaranya dari India, Indonesia, Thailand, Myanmar (Birma), Tiongkok (termasuk Hong Kong).

Universitas Nagananda terdiri dari fakultas Buddhisme dan Filsafat, Medis Holistis, Ilmu Sosial, Kesusastraan Buddhis Awal, Buddhisme Praktis dan Terapan, dan Sistem Kedokteran.

Seperti yang dilansir Daily News Sri Lanka, Rabu (11/11/2015), kompleks tanah Manelwatta merupakan sumbangan dari mendiang Presiden Ke-2 Sri Lanka, J. R. Jayewardene dan istrinya pada tahun 1962, yang menyatakan bahwa di masa depan institusi pendidikan Buddhis harus dibangun di tanah ini.[Bhagavant, 12/11/15, Sum]

Kata kunci:
Penulis: