Asia Oseania » Asia Tenggara » Malaysia » Seremonial

Konferensi Global Buddhisme Kelima

Buddhisme di Asia PasifikBhagavant.com,
Petaling Jaya, Malaysia – Selama dua hari berturut-turut dimulai pada hari Sabtu (17/11), umat Buddha dari seluruh dunia bertemu di Malaysia untuk membincangkan mengenai kebahagiaan.

Mereka bertemu dalam Konferensi Global Buddhisme Kelima yang diadakan di Petaling Jaya, Malaysia. Konferensi yang berakhir pada Minggu (18/11) ini mengambil tema utama: “Transforming the Mind – To Create Happiness in our Lives” (Mengubah Pikiran – Untuk Menciptakan Kebahagiaan Dalam Hidup Kita).

Para praktisi dan guru-guru Buddhis lintas aliran dari Amerika serikat, Australia, Canada, Thailand, Singapura dan Malaysia menghadiri konferensi tersebut. Para pembicara utama yang hadir dalam konferensi tersebut masing-masing mengusung sub-tema diskusi yang berbeda. Para pembicara utama tersebut antara lain:

Y.M. Ajahn Brahmavamso – Living Life With a Purpose (Menjalani Hidup Dengan Sebuah Tujuan). Y.M. Robina Courtin – Bringing Peace to Criminal in Prisons (Membawa Kedamaian Bagi Para Krinimal Dalam Tahanan). Y.M. Aggacitta Bhikkhu – Potentialities of The Developed Mind (Potensi Dari Pengembangan Pikiran). Y.M. Heng Sure – Calming the Mind – Lessons from Chinese Chan (Menenangkan Pikiran – Pelajaran dari Chan China). Dr. Thupten Jinpa – Taming the Monkey Mind -Lessons from Tibetan Lojong (Menjinakkan Pikiran yang Liar Pelajaran dari Latihan Pikiran ala Tibet). Dr Tan Eng Kong – Transforming Difficult Relationships (Mengubah Hubungan yang Sulit).

Acara tersebut diselenggarakan sebagai ”kesempatan unik untuk mengeksplor berbagai sudut pandang yang berbeda mengenai pelatihan pikiran,” dengan tujuan, ”mencapai kebahagiaan yang bertahan lama”.

Para anggota yang hadir mengatakan bahwa para pemimpin ilmuwan dalam bidang psikologi, psikiatri, dan neuroscience sependapat dengan ajaran dasar Buddhis bahwa manusia memiliki dua motivasi dasar dalam hidup – keinginan untuk kebahagiaan dan keinginan untuk menghindar dari penderitaan dan kematian.

Mereka juga mengatakan bahwa para ilmuwan mulai menerima kemungkinan terhadap mentrasformasikan/mengubah pikiran untuk menciptakan kebahagiaan.

Pada tahun ini konferensi ini diselenggarakan oleh tiga organisasi Buddhis Malaysia, yaitu: Buddhist Gem Fellowship (BGF), Buddhist Missionary Society Malaysia dan Young Buddhist Association of Malaysia (YBAM). Dan juga didukung dan disponsori oleh 11 organisasi Buddhis di Malaysia.

Kata kunci: , ,
Penulis:
REKOMENDASIKAN