Seremonial » Thailand

Vesak 2015 Buddhis Thailand Kunjungi Phutthamonthon dan Sanam Luang

Bhagavant.com,
Bangkok, Thailand – Umat Buddhis Thailand berduyun-duyun ikut serta dalam kegiatan keagamaan di Phutthamonthon (Buddha Monthon), sebuah taman Buddhis di Provinsi Nakhon Pathom, Thailand, untuk memperingati Hari Suci Vesak 2558 EB pada Senin (1/6/2015).

Umat Buddhis mengelilingi rupaka Buddha di Phutthamonthon, di Provinsi Nakhon Pathom, Thailand.
Umat Buddhis mengelilingi rupaka Buddha di Phutthamonthon, di Provinsi Nakhon Pathom, Thailand. Foto: thainews.prd.go.th

Pada pagi hari di Hari Vesak, umat Buddhis mengikuti puja bakti berbuat jasa baik dengan mempersembahkan dana makanan kepada 1.987 bhikkhu. Upacara yang dipimpin oleh Gubernur Nakhon Pathom Chatchai Uthaipa ini juga dihadiri oleh kepala kantor-kantor pemerintah, pegawai negeri sipil, pejabat militer, polisi, mahasiswa dan warga setempat, yang semuanya berpakaian putih.

Selain memberikan dana makanan kepada para bhikkhu, beberapa kegiatan keagamaan lainnya juga diselenggarakan sepanjang hari untuk para umat Buddhis, termasuk sesi Dhamma dan presentasi jubah keviharaan dan kebutuhan untuk para bhikkhu. Seperti yang dilansir National News Bureau of Thailand pada Senin (1/6/2015).

Para umat yang dipimpin oleh Penasihat Jerajaan, Ampol Senanarong, sebagai perwakilan dari Raja Thailand, pada pukul 16.00 waktu setempat, melakukan pradakṣiṇa mengelilingi rupaka Buddha Sakyamuni berpose berdiri setinggi 15,8 meter dan dikenal dengan nama Phra Si Sakkaya Thotsaphonlayan Prathan Phutthamonthon Suthat.

Pada pukul 17.30, sebuah gatha (ayat/syair) suci dilantunkan oleh Yang Mulia Somdet Phra Maharatchamangkalacharn, selaku Pelaksana Tugas Sangharaja Thailand, diikuti oleh serangkaian khotbah dan bincang Dhamma.

Umat Buddhis berkumpul di Sanam Luang, Bangkok, untuk memperingati Hari Vesak.
Umat Buddhis berkumpul di Sanam Luang, Bangkok, untuk memperingati Hari Vesak. Foto: thainews.prd.go.th

Sementara itu, umat Buddhis Thailand lainnya mengunjungi Sanam Luang, sebuah lapangan umum terbuka yang berada di depan Vihara Phra Kaew (Wat Phra Kaew) atau Vihara Buddha Zamrud dan Istana Raja (Grand Palace) di Bangkok, untuk mengikuti upacara persembahkan dana makanan kepada 233 bhikkhu yang telah diundang.

Para umat pemberi dana makanan sebelumnya telah dihimbau untuk mengenakan pakaian putih dan melakukan sila. Kegiatan ini dilakukan pada pukul 7.30 dan dipimpin oleh Gubernur Bangkok M.R.Sukhumbhand Paribatra.

Perayaan Hari Vesak 2558 EB (Indonesia: 2559 EB), Pemerintah Thailand telah meluncurkan kampanye Pekan Vesak yang berlangsung selama 12 hari yang dimulai pada 29 Mei hingga 9 Juni 2015.[Bhagavant, 1/6/15, Sum]

Kata kunci: , ,
Penulis:
REKOMENDASIKAN