Seremonial » Taiwan

Tzu Chi Peringati Hari Vesak, Hari Ibu Internasional, Hari Tzu Chi 2015

Senin, 11 Mei 2015

Bhagavant.com,
Taipei, Taiwan – Setiap hari Minggu kedua bulan Mei setiap tahunnya, umat Buddhis yang tergabung dalam Yayasan Buddha Tzu Chi merayakan peringatan Hari Vesak (Waisak), Hari Ibu Internasional, dan Hari Tzu Chi Sedunia, dalam satu hari. Tahun 2015 ini, perayaan jatuh pada Minggu (10/5/2015).

Perayaan Hari Vesak (Waisak), Hari Ibu Internasional, dan Hari Tzu Chi Sedunia di Vihara Jing Si, di Hualien, Taiwan. Minggu (10/5/2015).

Perayaan yang secara simbolis dimaksudkan untuk membalas budi luhur Buddha, orang tua, dan semua makhluk hidup tersebut tahun ini diselenggarakan oleh 37 negara, termasuk Indonesia. Tahun 2015 ini negara-negara di benua Afrika seperti Botswana dan Namibia ikut dalam merayakan peringatan ini. Nepal yang baru terkena musibah bencana gempa bumi juga ikut dalam perayaan ini dengan menyesuaikan keadaan yang ada.

Di Taiwan, perayaan diselenggarakan di beberapa tempat, dua di antaranya di Vihara Jing Si, di Hualien, dan di Balai Peringatan Chiang Kai-shek (Chiang Kai-shek Memorial Hall), Taipei.

Formasi barisan pada perayaan Vesak 2015 di Vihara Jing Si di Hualien, Taiwan. Minggu (10/5/2015).
Formasi barisan pada perayaan Vesak 2015 di Vihara Jing Si di Hualien, Taiwan. Minggu (10/5/2015). Foto: udn.com.tw

Perayaan Vesak di Vihara Jing Si diselenggarakan pada pukul 7.00 waktu setempat. Sembilan puluh empat Master memimpin sekitar 3.000 orang dalam upacara pemandian dan penghormatan rupaka Kesadaran Agung Universal (The Great Awakened One of Universe), pelantunan sutra dan mantra.

Seperti yang dilansir Yam News, Minggu (10/5/2015), pada perayaan tersebut nampak hadir beberapa mahasiswa pertukaran pelajar dari India dan Afrika Selatan. Selain itu juga nampak warga dari Korea Selatan. Mereka semua memanjatkan harapan agar tidak ada lagi bencana di dunia.

Yang berbeda dan menarik tahun ini, perayan tiga hari besar di Vihara Jing Si Hualien tidak menyediakan dan menggunakan wadah berisi air untuk upacara pemandian dan penghormatan rupaka Kesadaran Agung Universal, tetapi menggunakan alat penyemprot uap air sebagai penggantinya. Hal ini dilakukan untuk menghemat air saat musim kemarau yang serius saat ini.

Alat penyemprot uap air yang digunakan dalam upacara perayaan Vesak 2015 oleh Tzu Chi di Vihara Jing Si
Alat penyemprot uap air yang digunakan dalam upacara perayaan Vesak 2015 oleh Tzu Chi di Vihara Jing Si. Foto: Video Youtube Tzu Chi DaAiVideo

Sementara itu Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia cabang Jakarta merayakan tiga hari besar tersebut di Tzu Chi Center, Pantai Indah Kapuk Boulevard, Jakarta Utara. pada pukul 19.00 WIB. Setidaknya sebanyak 10.020 orang menghadiri perayaan tersebut baik yang terlibat dalam peragaan formasi barisan maupun tamu undangan atau masyarakat umum. Berita Tzu Chi melaporkan, Minggu (10/5/2015).

Perayaan Hari Vesak (Waisak), Hari Ibu Internasional, dan Hari Tzu Chi Sedunia di Tzu Chi Center, Pantai Indah Kapuk Boulevard, Jakarta Utara. Minggu (10/5/2015)
Perayaan Hari Vesak (Waisak), Hari Ibu Internasional, dan Hari Tzu Chi Sedunia di Tzu Chi Center, Pantai Indah Kapuk Boulevard, Jakarta Utara. Minggu (10/5/2015). Foto: tzuchi.or.id

Dengan mengangkat tema: “Doa Jutaan Insan”, sebanyak 6.720 orang berpartisipasi membentuk formasi barisan huruf “TC” (sebagai singkatan Tzu Chi), angka “49” (usia Yayasan Buddha Tzu Chi tahun ini), gambar bunga teratai, dan gambar daun Bodhi.

Nampak hadir dalam perayaan Waisak tersebut Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. Pada kesempatan itu, Gubernur yang dikenal dengan nama Ahok tersebut memberikan ucapan terima kasih dan kesannya terhadap Yayasan Buddha Tzu Chi yang terlebih dahulu sigap saat terjadi bencana.[Bhagavant, 11/5/15, Sum]

Kata kunci: , ,
Penulis: