Amerika Serikat » Tokoh

Ruth Denison, Guru Vipassana Perempuan Pertama AS Tutup Usia

Senin, 2 Maret 2015

Bhagavant.com,
California, Amerika Serikat – Ruth Denison salah satu dari guru meditasi Vipassana perempuan pertama di benua Amerika dan guru Buddhis pertama di Amerika Serikat yang memimpin retret meditasi dengan partisipan seluruhnya kaum perempuan, meninggal dunia pada Kamis pagi (26/2/2015), pukul 3 pagi waktu setempat diusia 92 tahun, di rumahnya di Joshua Tree, California.

Ruth Denison (29 September 1922 – 26 February 2015).
Ruth Denison (29 September 1922 – 26 February 2015). Foto: ruthdenison.com

Awal bulan Februari tahun ini Ruth menderita stroke, dan menurut keinginannya, ia tidak ingin menerima perawatan dengan alat penunjang yang memperpanjang kehidupan, termasuk cairan infus. Ia memilih menghabiskan hari-hari terakhirnya dengan dirawat oleh sekelompok kecil siswa yang berdedikasi terhadap Dhamma Dena Desert Vipassana Center, pusat meditasi yang ia dirikan di California.

Upacara penghormatan rencananya akan diselenggarakan pada 21 Maret 2015 di Yucca Valley, California.

Dilahirkan dengan nama Ruth Shaffer pada 29 September 1922 di Jerman, sejak kecil ia tidak seperti kebanyakan anak lainnya karena mendengar suara-suara surgawi yang ia anggap sebagai suara malaikat ataupun tuhan. Perjalanan pribadi Ruth dimulai saat masa keberadaan Nazi di Jerman. Sebagai seorang wanita muda, ia berjuang untuk bertahan setelah terjadi kekerasan dan pelecehan yang hampir fatal yang menimpa dirinya yang dilakukan oleh para prajurit Rusia saat Perang Dunia II.

Ia bertemu dan menikah dengan Harry Denison, seorang mantan pandita Advaita Vedanta saat ia pindah ke Los Angeles, Amerika Serikat pada tahun 1950-an. Dan mereka tergabung dalam kelompok yang tertarik dengan kebangkitan spiritual.

Ketertarikan mereka terhadap Buddhisme Zen membuat mereka melakukan perjalanan ke Asia pada tahun 1960, dan mengunjungi vihara Zen di Jepang. Saat di Birma (Myanmar) mereka bertemu dengan Saya Gyi U Ba Khin, seorang pakar meditasi Vipassana, yang memperkenalkan mereka kepada Vipassana atau meditasi pandangan terang, yang belum diketahui oleh dunia Barat pada waktu itu. Mereka tinggal bersama U Ba Khin selama tiga bulan sebelum kembali ke Los Angeles, tempat mereka melanjutkan latihan Zen mereka. Namun bagaimana pun, pikiran Ruth kembali lagi ke Vipassana, dan ia kembali lagi Birma untuk belajar dengan U Ba Khin.

Pada tahun 1969, bersama dengan D. Leon Wright, Robert H. Hover, Forella Landie, John Earl Coleman, dan J. Van Amersfoort, ia diizinkan untuk mengajar meditasi Vipassana di Barat. Setelah itu Ruth mengajar di seluruh Eropa selama empat tahun, dan kemudian kembali ke California untuk memperkenalkan meditasi pandangan terang di sana.

Pada tahun 1977 Ruth membeli lima hektar tanah di Joshua Tree, dan mendirikan Dhamma Dena Desert Vipassana Center, yang namanya berasal dari seorang bhikkhuni siswa Sri Buddha bernama Dhammadinna.

Pada tahun 2006 ia diberikan penghormatan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai Wanita Luar Biasa di Buddhisme untuk perannya dalam membawa Vipassana ke Barat.

The Silent Dance of Life, sebuah film dokumenter mengenai kehidupan yang luar biasa dari Ruth telah selesai digarap dengan Aleksandra Kumorek sebagai sutradara dan produsernya. Film tersebut berisi lebih dari 100 jam rekaman hidup dari Ruth dan pusat meditasi Dhamma Dena yang diambil selama empat tahun terakhir.

Selamat jalan Ibu Ruth, semoga dilahirkan kembali di alam yang bahagia dan mencapai pembebasan akhir.[Bhagavant, 2/3/15, Sum]

Kata kunci: , ,
Penulis: